Ads

Jumat, 08 Januari 2021, Januari 08, 2021 WIB
Last Updated 2021-01-08T05:25:08Z
sulteng

Pemkab Tolitoli Terima 845 Vial Vaksin Sinovac

 

 

Foto (istimewa) Anjasmara S.Pt.,MP selaku Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli


JOURNALTELEGRAF-Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli melalui Dinas Kesehatan, akan memperoleh alokasi vaksin Covid-19 sebanyak 854 vial, yang akan diterima pada pertengahan bulan Januari ini.


"Berdasarkan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan RI bahwa pemberian vaksin ini akan diawali oleh Pemerintah Pusat pada pertengahan Januari ini dan selanjutnya akan diikuti oleh seluruh daerah Kabupaten dan Kota," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Anjasmara. Kamis (7/01/2020).


Anjasmara juga menjelaskan bahwa, pendistribusian vaksin dari Palu nantinya akan dikawal ketat petugas pengamanan dari unsur TNI dan Polri. 



Sementara dalam pemberian vaksin akan dilaksanakan dalam 7 (tujuh) tahap, tahap pertama adalah seluruh perawat yang namanya sudah terinput dalam sistem dan aktif melaksanakan pelayanan.


Kemudian, tahap kedua akan diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti di terminal, di pelabuhan laut dan udara dan pelayanan umum lainnya, tahap ketiga sasarannya adalah tokoh-tokoh masyarakat, para pelaku ekonomi dan pegawai perangkat daerah.


Selanjutnya tahap keempat vaksinasi diberikan kepada tenaga pendidik, tahap kelima anggota legislatif serta para pegawai kementerian dan lembaga pemerintah yang ada di daerah, tahap keenam kelompok masyarakat yang rentan dan terakhir tahap ketujuh adalah masyarakat sipil lainnya.


"Setiap satu vial vaksin covid-19 tersebut, diberikan kepada 5 (lima) orang sehingga dari 854 vial yang akan diterima dapat diberikan kepada lebih dari 4 ribu orang di daerah ini," paparnya.


Sementara pengelola teknis vaksinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Mattalatta Tanra juga menjelaskan, berdasarkan data yang ada, tenaga kesehatan di Kabupaten Tolitoli yang akan divaksin pada tahap pertama berjumlah 2.039 orang yang tersebar di Dinas Kesehatan, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido Tolitoli, RSUD Hj. Zubaedah Bantilan Malala dan di 15 Puskesmas se Kabupaten Tolitoli.


"Jumlah tersebut belum termasuk tenaga-tenaga kesehatan yang ada di kinik Kesehatan Polres Tolitoli, di Kesehatan Kodim 1305 Buol Tolitoli, di klinik Kesehatan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli, di klinik kesehatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tolitoli dan di KKP Tolitoli," urainya.


Oleh sebab itu, kata dia, hal ini akan dilakukan pendataan seluruh tenaga kesehatan sehingga dapat diakumulasikan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Tolitoli.


Selain itu, rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A. Jacub, seluruh pengelola klinik kesehatan di luar unsur Pemerintah Daerah, seluruh Kepala Puskesmas dan sejumlah pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli.



Reporter : Leghita Aswardi
Editor : Ewin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar