Ads

Selasa, 13 Oktober 2020, Oktober 13, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-12T16:19:21Z
kabupaten buol

HUT Ke-21 Kabupaten Buol, Bupati Amirudin Rauf Paparkan Keberhasilan Pembangunan

JOURNALTELEGRAF - Akibat dari pandemi Covid-19 peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah Ke-21, Senin (12/10/2020) dilaksanakan di ruang Aula Kantor BPKAD secara virtual.

Foto : suasana upacara peringatan HUT Kabupaten Buol Ke-21 secara virtual


Kegiatan dimulai pukul 07.15 Wita menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Buol.


Turut hadir dalam upacara diantaranya, wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu, Sekda Moh Suprizal Jusuf, Ketua DPRD, Srikandi Batalipu, Dandim 1305/BT Letkol Inf Farid Yudis Purwanto, Letkol laut (P) Bayu Dwi Wicaksono Danlanal B/T, Kapolres Buol.AKBP  Dieno Hendro Widodo Sik, Ketua Pengadilan Negeri Buol, Candra Purnama SH,MHKA, serta beberapa jajaran OPD.

Dalam sambutanya Bupati Buol Dr. Amirudin Rauf yang bertindak  sebagai inspektur upacara dan menggunakan baju adat Buol menyampaikan dalam hari ulang tahun daerah yang ke 21 di tahun 2020  kali ini jajaran pemerintah Kab Buol melaksanakan upacara secara virtual.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan hal ini sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid-19," ujar Amirudin dalam sambutannya.

Lanjutnya, pemerintah Kabupaten Buol akan memfokuskan program dibidang pertanian, peternakan dan kelautan sebagai upayah meningkatkan perekonomian di daerah itu.

Dalam konfrensi persnya kepada media  Bupati Buol menyampaikan pada periode pertamanya pemerintah  membangun infrastruktur jalan kantong produksi serta jalan daerah  dari desa ke kota, di mana hasilnya pada periode kedua ini jalan tersebut suda dapat di nikmati oleh masyarakat umum.


"Selain jalan, pemerintah juga meningkatkan produksi lokal di bidang pertanian jagung melalui program P3K dimana  dalam empat tahun terakhir produksi jagung di Kabupaten Buol yang awalnya hanya berada di kisaran 1000 ton pertahun kini menjadi 96.000 ton pertahun, ini jelas bahwa program P3K ini sudah berhasil dan dapat dinikmati oleh petani jagung, sedangkan luas lahan pertanian jagung yang di kelola seluas 20.000 hektar, serta program tersebut dapat meningkatkan  perekonomiaan petani khususnya masyarakat," jelasnya.


Selain pembangunan jalan kantong produksi dan pertanian jagung Bupati Buol mencanangkan program swasembada pangan di bidang pertanian produksi beras.

di sektor pangan dalam produksi beras yang pada awal kepemimpinya produksi beras hanya berkisaran di 15.000 ton pertahun dan sekarang sudah berada di kisaran 25.000 ton pertahun dengan program GERTAKBOS ( gerakan tanam serentak Buol swasembada ) dimana penyumbang produksi beras tersebut dari beberapa kecamatan di Kabupaten Buol seperti Lakea, Lakuan dan Tiloan sedangkan luas lahan persawahan yang di kelola sampai sekarang ini sudah 7.000 hektar.

"Adapaun harapan pemerintah kabupaten Buol akan menargetkan 100.000 ton jagung dan 10.000 hektar lahan persawahan untuk menghasilkan 50.000 ton beras pertahun serta pemerintah akan menargetkan ekspor beras keluar daerah di tahun depan sebagai bentuk untuk mensejahterakan petani khususnya masyarakat Buol pada umumnya," pungkas bupati dua periode ini.

Reporter : Supardi
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar