Ads

Kamis, 24 September 2020, September 24, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-24T08:17:09Z
GMNI BitungHari Petani Nasional

Hari Tani Nasional, GMNI Bitung; Bersama Petani Mewujudkan Kedaulatan Pangan

Kader GMNI bersama DPK Matius  STT Seapin Filadelfia Kota Bitung, tatap muka bersama petani disalah satu wilayah di Kota Bitung, dalam rangka peringatan Hari Tani Nasional. anggal 24 September. (Foto: Istimewa)


JOURNALTELEGRAF - Sejumlah Kader  GMNI Kota Bitung bertemu petani di Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari, Kamis (24/09/2020).


Kegiatan ini digelar GMNI bersama DPK Matius  STT Seapin Filadelfia Kota Bitung dalam rangka peringatan Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September. 


“Tema yang kami canangkan untuk  tahun ini adalah Bersama Petani Mewujudkan Kedaulatan Pangan  ” kata Ketua DPK Matius STT Seapin Filadelfia  Kota Bitung, Richardo Pangalerang.


Tema itu kata Richardo, sesuai dengan perjuangan Marhaenisme yakni perjuangan Kaum Tani, Kaum Buruh, Kaum Proleter serta kaum tertindas lainnya yang kenyataannya saat itu para kaum ini tertindas.


“GMNI sebagai organisasi kader yang memiliki paham marhaenisme dimana selalu  memperjuangkan nasib para petani, GMNI Kota Bitung terus mengabdikan diri guna peningkatan kesejahteraan serta mewujudkan kedaulatan Pangan.


“Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang biasanya dilakukan oleh GMNI,” jelasnya.


Hal senada juga diucapkan Rafly Rapa selaku ketua DPC GSNI Kota Bitung  juga mengatakan, Hari Tani Nasional 2020, pihaknya mengabdikan diri untuk petani lewat suatu penelitian yang dilakukan dibeberapa daerah di Kota Bitung seperti di Kelurahan Manembo-nembo.


“Dari penelitian tersebut dalam masa pandemi saat ini ada beberapa kendala yang dialami para petani, seperti penyuplaian bibit sayuran yang kadang kala masih lama, apalagi untuk petani yang memakai metode penanaman hidroponik yang masih membeli bibit sayurnya di luar daerah,” tutur Rafly.


Kendala itu kata dia, menjadi penghambat kesejahteraan  para petani sehingga perlu ada solusi.


“Dari hasil penelitian ini, nantinya akan kami sampaikan kepada Pemkot Bitung. Dan semoga hal ini menjadi perhatian pemerintah,” harapnya.


Editor: Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar