Ads

Rabu, 23 September 2020, September 23, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-23T03:43:45Z
EKONOMI & BISNIS

Ekspor Perdana Perikanan Sulut ke Jepang Via Udara, Nabsar Badoa Salut Sosok Olly Dondokambey

 JOURNALTELEGRAF - Dukungan penuh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey atas pembukaan rute penerbangan langsung Manado-Jepang akhirnya membuahkan hasil.

Hasil kerja keras dan kolaborasi lintas instansi antara lain Bea Cukai, BKIPM Manado, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut serta instansi terkait lainnya ini menyebabkan beberapa komoditas perikanan dari Sulawesi Utaranisa diterbangkan menuju Jepang, Rabu (23/9/2020).


Foto:(ist) Olly Dondokambey, Gubernur Sulut (kiri) Nabsar Badoa, Ketua Forum Mutu Karantina Ikan Sulut

Menurut Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Manado M. Hatta Arisandi seperti dikutip dari tribunmanado.com.

Penerbangan langsung ini adalah hasil kerjasama dan koordinasi yang baik antara BKIPM Manado, Bea Cukai Manado, Dinas Kelautan Perikanan Sulut, Garuda Indonesia, Angkasa Pura I Bandara Samratulangi Manado, serta instansi terkait lainnya.

"Kenapa jepang? karena dari data yang kami lihat, Jepang merupakan salah satu negara yang paling banyak membeli produk perikanan Sulut," kata Hatta.

Dari data yang ada, sedikitnya delapan ton prodhk perikanan yang diekspor ke Jepang.

Nabsar Badoa, Ketua Forum Mutu Karantina Ikan Sulut yang juga Presiden Direktur PT. Blue Ocean Grace International dan Owner UD. Rainbow Grace Fisheris yang menjadi perusahaan dengan jumlah terbesar ekspor perdana ke Jepang kepada Journaltelegraf mengapresiasi langkah Gubernur Sulawesi Utara  Olly Dondokambey yang menginisiasi pembukaan jalur penerbangan Manado-Jepang.

"Dengan dibukanya jalur penerbangan langsung ini membuka peluang ekspor le negara matahari terbit itu. Khususnya ekspor hasil perikanan, dimana Jepang merupakan pasar terbesar perikanam Sulut," jelas pria yang juga adalah Anggota DPRD Kota Bitung ini.

Nabsar yang juga adalah salah satu kader terbaik PKPI Kota Biting ini menambahkan, selain Gubernur, Kepala BKIPM Manado patut mendapatkan apresiasi karena langkahnya berkolaborasi dengan semua stakeholder membuat semuanya berjalan lancar.


"Pak Hatta orang yang mampu memuluskan ekspor perdana perikanan Sulut ke Jepang melalui jalur udara ini dan kita harus memberikan apresiasi dan penghargaan terutama dari pelaku perikanan Sulut dan Kota Bitung khususnya," jelasnya.


Reporter : Alfonds Wodi

Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar