Ads

Kamis, 20 Agustus 2020, Agustus 20, 2020 WIB
Last Updated 2020-08-20T14:08:38Z
Otonomi Khusus Papua

Webinar IDN Kupas Persoalan Otonomi Khusus Papua


Yorys Raweyai mengatakan perbincangan OTSUS Jilid II tidak pernah dikatakan berakhir, Menurutnya saat pembahasan melalui webinar IDR. Kamis 20 Agustus 2020. (Foto: Istimewa)


JOURNALTELEGRAF -  Otonomi Khusus (OTSUS) Jilid II untuk Papua dan Papua Barat kembali menuai panasnya perdebatan bagi warga Papua, baik di dunia maya ataupun di setiap-setiap pertemuan warung kopi. 


Anggota DPD RI dan Ketua MPR RI untuk Papua, Yorys Raweyai mengatakan perbincangan OTSUS Jilid II tidak pernah dikatakan berakhir, Menurutnya, yang ada adalah evaluasi anggaran nantinya yang akan diputuskan oleh Pemerintah Pusat.


“Oleh karenanya saat ini yang kita perbincangkan adalah apa yang sebenarnya sudah begitu jelas, bahwa OTSUS itu tidak akan berakhir. Tetapi memang harus dibicarakan ulang soal anggarannya,” kata Yorys dalam acara Webinar Nasional bertajuk Otsus dan Masa Depan Papua. Kamis (20/08/2020). 


Menurut mantan Politisi Golkar ini OTSUS Papua harus dibuatkan peraturan pemerintah untuk mengatur hal tersebut.


“Kalo kita bicara evaluasi OTSUS ini, saya kira sudah jelas sudah diatur. Dan  harusnya memang ada Peraturan Pemerintah untuk mengatur pelaksaan OTSUS ini sehingga dapat berjalan baik. Selama ini kan belum ada Peraturan Pemerintah yang mengatur pelaksanaan OTSUS ini,” ucapnya


Senada dengan itu, Peneliti IAIN Sorong, Papua Prof. Dr. Ismail Suardi Wakke, Ph.D mengatakan, bahwa Otsus ini sesungguhnya tidak berakhir akan tetapi yang berakhir adalah alokasi dana yang nominalnya sebesar 2 % yang diperuntukkan untuk Papua. 


“Dan saya kira ini memang perlu untuk diperjuangkan lagi. Dan dananya harus tepat sasaran. Kita tahu di pedalaman Papua masih banyak anak-anak yang belum merasakan dari kebijakan pelaksanaan OTSUS, selama ini saya melihat dana OTSUS hanya berputar di masyarakat perkotaan. Kita berharap kemudian jangan sampai ada anak-anak Papua yang tidak tersentuh akan hal terkait dengan pendidikan,” jelas pria asal Camba, Bone, Sulsel ini dalam Webinar yang diadakan oleh IDN dan IKAMI SULSEL.


Sebelumnya, webinar dengan tema OTSUS dan Masa Depan Papua, melalui aplikasi Zoom pada Kamis, 20 Agustus 2020 menghadirkan sejumlah tokoh-tokoh diantaranya Yorys Raweyei, dan tokoh muda asal Papua yang juga sebagai Stafsus Presiden RI Billy Mambarasar.


Reporter : Amir Wata

Editor : Alfonds Wodi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar