Ads

Selasa, 18 Agustus 2020, Agustus 18, 2020 WIB
Last Updated 2020-08-18T13:45:56Z
Bawaslu Kota Bitung

Bawaslu Bitung Temukan Pemilih Yang Belum Dicoklit

JOURNALTELEGRAF – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bitung, temukan ratusan warga yang belum terdaftar dalam Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).


Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bitung, Sammy Rumamby


Diketahui tahapan Coklit, dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang dilaksanakan sejak Tanggal 15 Juli hingga Agustus ini.


Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bitung, Sammy Rumamby, menyampaikan hal tersebut. 


“Masih ada ratusan warga yang belum tercoklit, sesuai dengan data dilapangan pasca tahapannya sejak dimulai pada hingga Tanggal 15 Agustus kemarin,” ungkap Sammy. Selasa (18/08/2020).


Dirinya melanjutkan, hasil pengawasan oleh Panwas Kelurahan dan Kecamatan, selain banyak yang belum tercokit, juga ada masalah lain diantarnya, satu keluarga di coklit oleh lebih dari PPDP.


“Masih ada pemilih yang memenuhi syarat tidak ada dalam form A.KWK. Kami juga menemukan ada pemilih yang sudah seharusnya Tidak Memenuhi Syarat, tapi masih ada di A.KWK. Sementara itu ada puluhan rumah yang sudah dicoklit tapi tidak ditempel stiker serta ada yang sudah pindah domisili tapi tetap dicoklit juga ada yang sudah meninggal tapi masih ada di A.KWK,” ungkapnya.


Mantan Ketua KPU Bitung tersebut, menambahkan kiranya KPU Bitung, dapat memperbaikinya, dikarenakan data tersebut ada di Bawaslu secara akurat. 


“Kami telah menyampaikan dan meminta ke KPU, untuk dapat memperbaiki masalah data tersebut, supaya saat pelaksanaan pilkada nanti akan berjalan sesuai dengan harapannya,” tutup Sammy serambi menambahkan, hak-hak konstitusi warga tetap terjaga serta bagi pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat harus benar-benar dihapus dalam daftar.


Sementara itu, Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Bitung, Idhli Ramadhiani Fitriah saat dikonfirmasi terkait temuan ini, belum dapat dihubungi.


Reporter : Alfonds Wodi

Editor : Richardo Pangalerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar