Ads

Sabtu, 18 Juli 2020, Juli 18, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-18T01:05:12Z
Makassar

Boskalis Kembali Menambang Pasir Laut, Nelayan Kodingareng: Kami Sedang Dijajah Belanda


JOURNALTELEGRAF- Kamis, 16 Juli 2020, Kapal Vessel milik PT Royal Boskalis kembali menambang pasir laut di wilayah tangkap nelayan. Hal tersebut diketahui saat seorang nelayan sedang memancing ikan di laut yang merupakan tempat mereka mencari ikan.


Menurut nelayan yang tidak mau namnya di expose, Kapal Vassel milik Boskalis menambang pasir di wilayah tangkap utama nelayan di selat Makassar Sulawesi Selatan. Selain itu jaraknya dengan Pulau Kodingareng juga sanngat dekat.

"Saya melihat secara jelas bahwa Boskalis menambang diwilayah kami selalu memancing ikan. Ini tidak boleh dibiarkan,"kata dia.

Selain itu, dia mengatakan bahwa kembalalinya PT Boskalis menambang pasir laut di wilayah tangkap kami memperlihatkan bahwa kami saat ini sedang dijajah kembali oleh negara asing.

"Kami seluruh nelayan Pulau Kodingareng merasakan kembali penjajahan Belanda. Boskalis selama melakukan kegiatan tambang tidak pernah menghormati kami sebagai warga Indonesia. mereka tidak pernah menghormati pekerjaan, budaya kami. Ini seperti penjajahan," terangnya.

Kemudian, dia menjelaskan bahwa perusahaan rekanan Boskalis saat ini sedang membujuk masyarakat agar menerima tambang, mereka pun membujuk kami dengan sejumlah bantuan dan uang, namun masyarakat tolak.

"PT Benteng Lautan Indonesia dan PT Royal Boskalis sudah menggunakan cara-cara kotor untuk memuluskan proyek tambang pasir laut. Sudah banyak nelayan yang ditawari uang dan bantuan serta ancaman-ancaman, namun masyarakat tolak. Sekarang yang sudah ambil uang dari perusahaan hanya 4 orang, itupun mereka bukan nelayan," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa proyek tambang pasir laut yang dilakukan PT Royal Bosklasi telah diberhentikan selama 10 hari. mereka pun berjanji tidak akan menambang sebelum ditandatangani perjanjian antara nelayan dan pihak perusahaan.



Reporter : Muhaimin
Editor : Ewin Agustiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar