Ads

Selasa, 02 Juni 2020, Juni 02, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-02T14:07:21Z
Agama

Tahun ini, Keberangkatan Jemaah Haji Dibatalkan


Foto : (istimewa)

JOURNALTELEGRAF- Penyelenggaraan jamaah Haji tahun ini dipastikan batal diselenggarakan, pasalnya hingga saat ini Arab Saudi belum membuka akses layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441H/2020M. 

"Arab Saudi belum memberikan kepastian kapan akan dibukanya akses layanan penyelenggaraan haji, tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi negara-negara lainnya," ungkap Nizar selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Selasa (02/06/2020).

Diketahui, Arab Saudi hingga kini belum membuka akses Haji, dengan alasan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih menjadi pandemi.

Disamping itu menurut Nizar, Covid-19 juga dapat mengancam keselamatan bagi calon jemaah haji,  sementara agama mengajarkan, menjaga jiwa adalah kewajiban yang harus diutamakan. 

“Pandemi Covid-19 tentu juga menjadi pertimbangan, baik Arab Saudi maupun Indonesia, terkait kesehatan jemaah,” ujarnya.

Dibuka atau tidaknya akses layanan penyelenggaraan dari Arab Saudi sangat penting dan akan berpengaruh pada persiapan yang dilakukan negara pengirim jemaah, termasuk Indonesia.

"Tentu persiapan itu membutuhkan waktu. Sampai saat ini belum ada kepastian sehingga sudah tidak ada waktu lagi untuk melakukan persiapan,” pungkanyanya.

Reporter/Editor : Ewin Agustiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar