Ads

Senin, 01 Juni 2020, Juni 01, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-01T04:07:33Z
1 juniHari lahir pancasilaideologi negara

Sejarah Lahirnya Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

JOURNALTELEGRAF - Hari ini tepat tanggal 1 Juni 2020 adalah peringatan hari lahirnya Pancasila.
Dikutip dari wikipedia, rumusan awal lahirnya Pancasila pertama kali disampaikan oleh Soekarna pada Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) 1 Juni 1945.
Soekarno mengemukakan dasar-dasar kebangsaan Indonesia atau nasionalisme, kemanusiaan atau internasionalisme, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, ketuhanan yang berkebudayaan.
Awalnya, pidato Soekarno ini tanpa judul  nanti setelah Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam bukunya menyebut "Lahirnya Pancasila" dalam kata pengantar bukunya yang berisi pidato pada sidang sidang BPUPKI.
Sejak 2017, 1 Juni kemudian dijadikan hari libur nasional sebagai hari lahirnya Pancasila setelah Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.
Pancasila kemudian menjadi dasar ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta. Panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas.
Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Penulis/Editor : Arham Licin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar