Ads

Minggu, 12 April 2020, April 12, 2020 WIB
Last Updated 2020-04-12T10:34:11Z
NASIONAL

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Pertama Resmi dibuka

JOURNALTELEGRAF- Resmi dibuka pendaftaran kartu prakerja sejak Sabtu (11/04). Pada gelombang pertama ini, masa pendaftaran akan dilakukan sampai pada Kamis (16/04) dengan target pelamar setidaknya sebanyak 164 ribu pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang dirumahkan.

Foto : (istimewa) kartu prakerja

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pendaftaran tersebut dilakukan secara daring melalui www.prakerja.go.id yang bisa diakses selama 24 jam setiap hari. Adapun, lanjut Airlangga, bagi mereka yang mengalami kesulitan saat mendaftar dapat menghubungi call center di (021) 25541246.

“Call center dibuka setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 19.00 WIB, atau bisa juga diemail di info@prakerja.go.id,” tutur Airlangga, Sabtu malam (11/04).

Politisi Golkar itu juga mengatakan, pihaknya mengajak mereka yang terdampak tekanan ekonomi akibat penyebaran virus Covid-19 untuk ikut mendaftar.

"Kami juga mengajak pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan dan pelaku usaha mikro kecil yang tutup usaha karena dampak pandemi Covid-19," paparnya.

Sesuai protocol, gelombang pertama akan ditutup pada Kamis pukul 16.00 WIB. Dan data pendaftar gelombang pertama dikumpulkan, setelah itu Pelaksana Program Kartu Prakerja akan melakukan kroscek dengan data terkait di lintas kementerian/ lembaga. Di antaranya, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial maupun data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri.

"Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan," ucapnya.

Reporter : Amir Wata
Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar