Ads

Rabu, 11 Maret 2020, Maret 11, 2020 WIB
Last Updated 2020-03-11T03:33:25Z
Opini

Kapan Para Elite Menghadirkan Kesejahteraan dan Keadilan Sosial Bagi Warganya?.

JOURNALTELEGRAF - Negara, Baik itu di Pusat, Provinsi maupun Kab/Kota bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan bagi  segenap warganya.

Foto: (istimewa) Syam Inay

Artinya  membantu dan memudahkan aktifitas masyatakat untuk membangun suatu kehidupan di mana semua Rakyatnya dapat hidup dengan wajar, bahagia dan adil.

Tujuan itu pada zaman sekarang berarti bahwa Negara baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dibebani tanggung jawab sosial. Tidak boleh sekedar netral terhadap semua golongan, melainkan harus berpihak pada mereka yang paling lemah, kaum mustahafin yang membutuhkan bantuan saat ini.

Berpihak dalam arti bahwa Pemerintah melakukan tindakan-tindakan khusus untuk menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan dasar bagi seluruh rakyatnya tampa pandang buluh, siapa saja kelompok sosial sebagai warga bangsa yang bekerja dan hidup berjuang memperjuangkan kehidupannya tampah lelah.

Kesenjangan sosial, kesnjangan antar kelompok, antar pulau, antar Provinsi dan Kab/Kota, kesenjangan antara Barat, Tengah dan Timur terus mengangah lebar disebabkan ketidak adilan tidak serius dilaksanakan oleh para elite.

Hakikihanya, itu bukan hanya tuntutan seluruh masyarakat, melainkan tuntutan keadilan. Bahwa ada gelongan-gelongan dalam masyarakat yang miskin dan tak berdaya terhadap segala macam bentuk penghiyanatan kesepakatan proses sosial yang cendrung tidak jelas dan tidak adil. Maka perlu siperjelas dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kesejateraan dan Keadilan sosial merupakan tantangan utama dan merupakan persoalan laten saat ini. Bukan hanya dalam spektrum nasional melainkan juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perlu kita jawab sama-sama, bahwa kapan para elite,  pemangku kepentingan, yang diberi tanggungjawab dan hak oleh negara untuk menghadirkan kesejateraan dan keadilan sosial bagi seluruh warganya?.

Akhirnya, Esok kita akan terus menyaksikan Matahari Terbit di Ufuk Timur dan Terbenam di Ufuk Barat dengan Penuh kebahagiaan karena keadialan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia sudah di Rasakan oleh suruh Rakyat.

Oleh: Syam Inay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar