Ads

Sabtu, 23 Desember 2023, Desember 23, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-23T06:58:55Z
Sulawesi Tengah

Pemda Morut Terima Bantuan Alat Pengasap Ikan Hasil Kerjasama Antara IPB University Dengan PT. PLN (Persero)

  



JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menerima bantuan 10 Unit  "Alat Pengasap Ikan" dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bekerja sama dengan PT. PLN (Persero). 


Alat Pengasap Ikan ini merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. PLN (Persero) kepada IPB University yang disalurkan kepada Pemda Morut. 


Bantuan diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K, S.Pd, M.Pd di Balai Desa Bugintimbe Kecamatan Petasia Timur Pada Sabtu pagi (23/12/2023). 


Dalam sambutannya, Wabup Djira mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak IPB dan PT. PLN (Persero) yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama kepada para pelaku usaha perikanan. 


Wabub juga mengatakan bahwa saat ini IPB telah memberikan kontribusi Ilmiah dan teknis yang sangat berharga dalam menciptakan inovasi dan teknologi terkini dalam pengasapan ikan, sehingga para pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas Produk Ikan Asap. 


"Alat pengasap ikan yang hari ini diserahkan bukan hanya sebagai peralatan teknologi melainkan juga sebagai simbol dari sinergi yang luar biasa antara sektor swasta dan akademisi dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal," ujarnya.


Wabup Djira berharap dengan adanya alat ini maka para pelaku usaha perikanan di Kabupaten Morowali Utara dapat meningkatkan proses produksi mereka, mengoptimalkan daya saing dan membuka peluang akses pasar yang lebih luas. 


Orang nomor dua di Morut itu optimis alat pengasap ikan yang diserahkan hari ini dapat menjadi katalisator bagi kemajuan sektor perikanan di Kabupaten Morowali Utara.


"Mari kita terus bersatu, bekerja sama dan berinovasi untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan masyarakat dan pembangunan kesejahteraan berkelanjutan", pungkasnya. 


Sementara itu, ditempat yang sama, General Manager PLN UID Suluttenggo yang diwakili oleh Wijaya Gautama mengatakan bahwa alat yang diberikan saat ini dapat meningkatkan efisiensi waktu yang digunakan dalam proses pengasapan ikan sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi. 


Wijaya juga berharap program bantuan ini dapat berjalan secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Morowali Utara. 


Sedangkan Prof. Dr. Ir. Baba Barus M.Sc selaku Ketua Tim Ahli sekaligus mewakili pimpinan Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) IPB University mengatakan bahwa alat ini bukan hanya dapat digunakan untuk pengasapan ikan, melainkan dapat juga digunakan untuk pengasapan bahan baku lain seperti terong dan lain sebagainya.


Dirinya juga menjelaskan berbagai keunggulan alat pengasapan modern ini, selain dapat memproduksi ikan asap dalam waktu singkat, alat ini juga dapat menghemat bahan baku yang digunakan serta kuantitas produksi yang dihasilkan.


Bantuan diterima secara resmi oleh Pemda Morut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wabup Djira didampingi oleh Pejabat yang hadir. 


Setelah diterima secara resmi, pihak IPB menjelaskan secara detail mekanisme kerja dari Alat Pengasap Ikan tersebut. 


Kegiatan ditutup dengan penyerahan "Hasil Olahan Ikan" dari sejumlah Kades yang hadir kepada para Pejabat. 


Selain memberikan bantuan, IPB University yang bermitra dengan PT. PLN (Persero) juga memberikan Pendampingan kepada para pelaku Usaha Rumah Tangga Perikanan dalam pengembangan teknologi ikan asap secara modern di Kabupaten Morowali Utara yang akan dilaksanakan pada hari ke-2 yakni tanggal 24 Desember 2023.


Nampak hadir bersama Wabup Djira yakni Sekretaris Daerah Morut Ir. Musda Guntur MM bersama Asisten I Krispen H. Masu S.STP, M.Si,  Ketua Tim Ahli sekaligus mewakili pimpinan Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) IPB University Prof. Dr. Ir. Baba Barus M.Sc, dan General Manager PLN UID Suluttenggo yang diwakili oleh Wijaya Gautama selaku Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum serta Kadis PMD Morut Drs. H.Andi Parenrengi. 


Serta dihadiri pula oleh Ketua Tim Pelaksana IPB La Ode Syamsul M.Si, Kadis Perikanan Morut Yunber Bamba S.Pi, Kadis Perindakop Morut Yanismal Botuale SE, MM, sejumlah Kades dan perwakilan kelompok penerima bantuan.





Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar