Ads

Sabtu, 23 Desember 2023, Desember 23, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-23T09:43:56Z
Sulsel

Kasat Intel Polres Bulukumba Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di SMK

 



JOURNALTELEGRAF -IPTU Wahid Putra Brata, S.Tr.K, Kasat Intelkam Polres Bulukumba, turut serta dalam seminar wawasan kebangsaan dengan fokus pada "Radikalisme Dan Terorisme".


Kegiatan seminar tersebut diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bulukumba dan diadakan di Aula SMKN 1 Bulukumba, Jl. Teratai, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, pada Jum'at (22/12/2023) pagi.


Acara ini dihadiri oleh Ahmad Arfan, S.Ip, Mt, Kabag Kesbangpol, Kapten Inf. Asri Ahmad yang mewakili Dandim 1411/Blk, Ahmad Rizal, ST Kabid Kesbang, dan AIPTU Lukman S, SH, Kaurmintu Satintelkam, serta diikuti oleh puluhan siswa-siswi SMKN 1 Bulukumba.


Kasat Intel memberikan paparan tentang bahaya Paham Radikalisme dan Terorisme, serta memberikan strategi untuk menangkal paham tersebut. 


IPTU Wahid Putra Brata menyampaikan bahwa kelompok radikal berusaha mengganti nilai-nilai dengan cara kekerasan dan ekstremisme, yang bertentangan dengan hukum, agama, dan pemerintah.


Kepolisian aktif dalam pencegahan, termasuk melalui seminar, penyuluhan, dan himbauan kepada pelajar sebagai langkah pencegahan dini. Kasat Intelkam memberikan cara pencegahan faham radikalisme dan menekankan:


1. Tingkatkan semangat kebangsaan, toleransi, dan pemahaman nilai-nilai beragama yang moderat dan damai.

2. Kenali individu dan kelompok yang mengajarkan atau mendorong kekerasan dan kebencian.

3. Laporkan kepada pihak berwajib jika ada indikasi gerakan atau aktivitas yang mengarah pada radikalisme dan terorisme.

4. Kuatkan keluarga dan lingkungan dengan pemahaman agama yang benar.


"Marilah bersama-sama melawan dan memerangi paham intoleran, radikal, dan terorisme, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia," tutup IPTU Wahid Putra Brata.***


Reporter/ Editor ; Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar