Ads

Selasa, 28 November 2023, November 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-11-28T14:02:52Z
Sulawesi Tengah

Tumpukan Sampah Membuat Resah, Kapan Sadarnya ?


 


JOURNALTELEGRAF - Persoalan tumpukan sampah yang terdapat dijalan arah kanal  Kompleks Bundo Kelurahan Leok II kab.Buol membuat resah.


Tumpukan sampah liar di tepi jalan itu sangat tidak sedap di pandang mata dan tidak sedikit masyarakat yang membuang sampah diarea itu Padahal, di jalur tersebut sampah yang menumpuk sangat rentan berceceran ke jalan.


Dari pantauan JOURNALTELEGRAF.com terdapat banyak tumpukan sampah di area tersebut. Sampah dalam kantong-kantong plastik Jenis sampah yang menumpuk didominasi dengan sampah plastik,limbah rumah tangga, dan berbagai jenis sisa makanan dan botol minuman.


Adanya sampah yang menumpuk di lokasi ini sejak beberapa waktu lalu sangat mengganggu kenyamanan dan bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap.


Seorang masyarakat yang bermukim di sekitar tempat tersebut menuturkan keresahannya tentang keberadaan tumpukan sampah di persimpangan jalan itu.


"Meresahkan, karena merusak pemandangan, Kenyamanan pengendara yang lewat sangat terganggu oleh bau dari sampah ini. Selain itu, juga bisa berpotensi menyebabkan banjir dan masalah Kesehatan lainnya"


ia juga mengungkapkan harapannya agar pemerintah bisa bertindak tegas terhadap pelaku pembuangan sampah sembarangan.


"Supaya dibersihkan, kasih tindakan tegas, jika perlu apabila kedapatan membuang sampah sembarangan  bisa dikasih denda," ungkapnya.


Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sampah merupakan hal yang sepele, sehingga mereka tidak peduli akan sampah yang berserakan , atau membuang sembarang sampah. Banyak kita jumpai   masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat , baik itu di pinggir jalan , di parit-parit, Tanpa mereka sadari bahwa itu juga dapat merusak kehidupan ekosistem.


Sampah yang dikelolah tidak berada pada tempat yang menjamin keamanan lingkungan. akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat, lingkungan menjadi kumuh, dan menarik berbagai binatang, seperti lalat dan anjing, yang dapat membawa penyakit.


Sudah seharusnya pemerintah melakukan perubahan kepada masyarakat  akan kesadaran terhadap sampah . mungkin dengan melakukan program-program peduli sampah . semua akan terlaksana jika ada pergerakan dari pemerintah setempat.


Reporter : Moh. Asri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar