Ads

Senin, 20 November 2023, November 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-27T06:52:37Z
Nusa Utara

Jalin Kemitraan Dengan Polnustar, Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Desa Petta Barat Terima 'Ilmu' Baru


Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Petta Barat. 



JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Desa Petta Barat telah menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKMS). bentuk pelatihan dan penyuluhan kualitas air serta pengendalian penyakit ikan.


Kepala Desa Petta Barat, Siti Sjarah Gabriel mengatakan bahwa tim dari Polnustar dipimpin langsung oleh Dosen Prodi Teknologi Budidaya Ikan, Jetti Treslah Saselah, S.Pi,M.Si sebagai ketua kelompok PKMS. 


"Jadi mereka hadir mengajarkan kami tentang bagaimna cara meningkatkan pengetahuan dan kertrampilan dalam pengelolaan air untuk kegiatan budidaya ikan di tambak, pengenalan tentang jenis-jenis penyakit ikan hingga bagaimana cara mengendalikan penyakit pada ikan, seperti contoh pada ikan nila merah yang saat ini kami budidayakan," ungkap Gabriel. Senin, (20/11/2023) di Kantor Desa Petta Barat. 


Adapun tindak lanjut dari kegiatan tersebut, kata Gabriel yakni Desa Petta Barat akan diusulkan untuk menjadi desa binaan dari Polnustar. 


"Kita hanya berharap melalui pemberian pelatihan ini, para peserta dari kelompok sengkanaung reda bisa lebih memahami tata cara pengelolaan budidaya ikan air tawar dengan baik dan benar, sehingga hasil panen atau budidaya bisa maksimal, guna menopang peningkatan ekonomi keluarga," ujarnya. 


Diketahui, para pemberi materi dan pelatihan antara lain ; Dosen Prodi Teknologi Budidaya Ikan, Jetti Treslah Saselah, S.Pi,M.Si (Ketua), Numisye Iske Mose (Anggota), Yessi A.P Manganang, Magdalin Ulaan, Yeni Indriani dan dua orang mahasiswa serta dua orang laboran.



Reporter/Editor : Dendy Abram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar