Ads

Selasa, 05 September 2023, September 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-04T23:28:39Z
Nusa Utara

Dandim Cup Memasuki Putaran Ketiga, Sasongke Tegaskan Keputusan Dan Sanksi Tidak Bisa Diintervensi

Pengawas Pertandingan, Yerry Jakson Sasongke (kiri).
Para Wasit Usai Memimpin Pertandingan (kanan.a)
Flyer Hasil pertandingan Dandim Cup 2023 (kanan.b)


JOURNALTELEGRAF - Perhelatan pertandingan sepakbola memperebutkan Piala Dandim Cup 2023 untuk putaran kedua telah selesai. Panitia kegiatan pun langsung mengatur jadwal pertandingan untuk 24 tim sepakbola yang lolos pada putaran ketiga.


Meski kini akan memasuki putaran ketiga, namun drama sepakbola yang terjadi sepanjang perhelatan pertandingan pada putaran kedua cukup menuai perhatian penggemar sepakbola di Tanah Tampungang Lawo.


Adapun beberapa drama yang terjadi antara lain tindakan fisik antar sesama pemain, antar pemain dan wasit hingga antar pelatih dan wasit. Namun bersyukur, semua situasi yang terjadi itu masih berada dalam kendali panitia kegiatan.


Terkait beberapa situasi tersebut, Pengawas Pertandingan Dandim Cup 2023, Yerry Jakson Sasongke kepada awak media JOURNALTELEGRAF.COM membenarkan perihal beberapa situasi yang terjadi sepanjang pertandingan pada putaran kedua.


"Jadi memang benar terjadi beberapa hal yang tidak kita inginkan bersama, mulai dari pemukulan terhadap wasit, perseteruan antar sesama pemain di lapangan hingga kontroversi atas putusan yang diberikan oleh wasit. Namun itu semua sudah biasa dalam sepakbola, kita pun tetap bersyukur semuanya itu bisa teratasi dengan baik dan pertandingan kini akan dilanjutkan untuk putaran ketiga," ungkap Sasongke. Senin,(4/9/2023) kemarin.


Sementara terkait beberapa keputusan dari para wasit saat memimpin pertandingan, Sasongke menyatakan bahwa kepemimpinan wasit sudah sesuai dengan peraturan permainan sepak bola.


"Para wasit yang memimpin pada pertandingan Dandim Cup 2023 saat ini adalah wasit-wasit berlisensi nasional. Jadi mereka sudah ada ilmu dan pengetahuan seperti apa tata cara memimpin dan memberikan keputusan saat memimpin pertandingan," jelasnya.


Sedangkan untuk pengajuan protes terhadap keputusan wasit, Sasongke mengatakan bahwa protes itu nanti bisa dilakukan setelah pertandingan selesai dan diberi waktu 1x24 jam untuk mengajukannya secara tertulis.


"Kamipun sejak awal sudah menyampaikan bila tidak puas dengan keputusan wasit, jangan langsung melampiaskan emosi tapi datang ke meja pertandingan dan sampaikan kepada Pengawas Pertandingan, apabila dipandang perlu, Pengawas Pertandingan akan memanggil wasit, kemudian diberikan penjelasan. Sehingga tidak ada official atau pelatih yang melakukan protes terhadap keputusan wasit saat pertandingan masih berlangsung," terang Sasongke.


Memasuki putaran ketiga, Sasongke kembali mengingatkan kepada semua bahwa haram hukumnya bagi pelatih, official, pemain cadangan hingga penonton masuk dalam lapangan pada saat pertandingan masih berjalan.


"Kami berharap semuanya dapat menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding, agar kejadian pada putaran kedua tidak terulang lagi diputaran ketiga ini. Apalagi sampai melakukan kontak fisik terhadap wasit yang sedang memimpin, itu tidak diperbolehkan, jelas melanggar dan harus diberikan sanksi," ujarnya.


Namun untuk semua keputusan yang telah dikeluarkan oleh wasit selama pertandingan putaran kedua Dandim Cup 2023, Sasongke menyebutkan bahwa semua itu dianggap sah dan tidak bisa diintervensi.


"Setiap keputusan yang telah dikeluarkan oleh para wasit itu adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Jadi sampai saat ini, setiap keputusan dan sanksi yang telah dikeluarkan tidak bisa ditarik kembali," tegasnya.


Tercatat, pada putaran kedua Turnamen Dandim Cup 2023; sudah ada 3 orang pemain yang dikeluarkan dan 2 orang Official Tim yang tidak diperkenankan mendampingi Tim selama 3 kali pertandingan.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar