Ads

Selasa, 02 Mei 2023, Mei 02, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-02T14:49:52Z
Morowali utara

Bupati Morowali Utara Menjadi Inspektur Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023


JOURNALTELEGRAF - Dengan berpakaian Korpri, Bupati Morowali Utara DR. Dr. Delis J Hehi, MARS, menjadi Inspektur Upacara, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Portal Desa Taliwan, Kecamatan Mori Utara, Selasa (2/5/2023), dengan tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar."


Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali Utara Ny. Febriyanthi H.D.J Hehi, S.Si, Apt, Wakapolres Morut Kompol Alfian Joan Komaling, SH.,M.Pd., Batuud Koramil 1311-05 Mori Atas Serma Mujur, Staf Ahli, Asisten, Kadis Pendidikan M. Ridwan Dg. Malureng, S.Ag.,M.Pd., Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Mori Utara Isnayawati Siman, S.E., serta staf jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali Utara.


Dalam amanatnya, Bupati membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem A.Makarim menyampaikan, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi disekitar kita dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.


Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu Pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik.


Anak-anak kita sekarang bisa belajar lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para Kepala Sekolah dan Kepala Daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesment nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.


Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar. Selain itu guru-guru yang dulu diikat oleh berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.


Selain itu Bupati Delis menambahkan bahwa profesi guru dalam dunia pendidikan adalah sebuah proses penciptaan mahakarya yang bisa menghasilkan generasi terbaik bagi bangsa ini khususnya di daerah Kabupaten Morowali Utara yang kita cintai.

 

"Proses belajar mengajar yang ingin kita wujudkan bukan proses belajar mengajar yang kaku dan membosankan tapi proses belajar mengajar yang menyenangkan," Ujarnya.


Selesai upacara, Bupati menyerahkan penghargaan kepada Satpol-PP dan Damkar atas partisipasi dalam membantu pembersihan sekolah yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Morowali Utara, dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri di SMP dan SMA 1 Mori Utara.


Setelah itu Bupati dan rombongan bergeser ke lokasi penanaman pohon durian di halaman belakang SDN 1 Taliwan, kemudian meninjau lokasi donor darah, lapak UMKM, peninjauan PAUD GKST Taliwan dan Pondok Literasi Minat Baca.


Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.




Reporter : Artomo lagaronda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar