Ads

Rabu, 12 April 2023, April 12, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-12T02:57:53Z
Sulsel

Jurnalis Bulukumba Gelar Aksi Kecam Tindakan Represif Aparat

 


Dirman jurnalis MNC media saat berorasi di Mako Polres Bulukumba


JOURNALTELEGRAF- Sejumlah jurnalis tergabung dalam Aliansi Peduli Jurnalis (APJ) Bulukumba menggelar aksi demo di Mapolres Bulukumba, Selasa, 1(1/4/2023).


Aksi itu dilakukan lantaran salah seorang jurnalis MNC media Dirman mengalami kekerasan yang dilakukan oleh oknum intel Polres saat meliput kericuhan demonstran mahasiswa dengan pihak Satpol PP, Senin (9/4) sore di Mall UIT Bulukumba.



Dalam aksinya, belasan jurnalis ini melakukan aksi cuci baju seragam Polisi sebagai simbol membersihkan institusi Kepolisian dari oknum-oknum nakal.


"Kami turut prihatin dengan kondisi di institusi kepolisian, selalu saja ada oknumnya yang melakukan perbuatan yang justru merusak nama baik institusinya sendiri," Baso Marewa.



"Tindakan yang dilakukan oleh oknum polisi itu merupakan peristiwa kelam bagi kebebasan pers di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bulukumba," tambahnya.


Lebih lanjut, ia mengemukakan, Pers mempunya hak mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi dan apa bila itu dihalangi maka konsekuensinya adalah pidana.


"Olehnya itu kami menuntut agar Polres Bulukumba segera memproses laporan dari Dirman secara profesional dan memberikan keadilan," ucap Baso.


Bahkan ia meminta Polres Bulukumba agar melakukan evaluasi dan memberikan sanksi berat kepada oknum polisi yang menjadi pelaku intimidasi terhadap jurnalis.


"Aliansi Peduli Jurnalis dan segenap insan pers di Kabupaten Bulukumba akan membaikot pemberitaan Polres Bulukumba hingga proses kasus kekerasan terhadap jurnalis diselesaikan secara adil," tegas Baso Marewa.



Sementara itu, Kapolres Bulukumba AKBP Ardyansyah berjanji akan mengusut dengan serius kasus dugaan kekerasan yang dialami oleh Dirman.


"Percayakan kasus ini kepada kami. Kami tidak akan main-main dalam mengusut kasus ini, dan kalau yang bersangkutan terbukti melakukan tindakan kekerasan maka kami akan menindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Ardiansyah.


Tak sampai disitu, Kapolres juga berjanji bahwa kasus yang dilaporkan oleh Dirman dan APJ akan ditangani oleh pihaknya dengan transparan.


"Kalau ada perkembangan pasti kami akan kabarkan ke teman-teman. Dan teman-teman juga bisa menghubungi saya secara langsung," pungkasnya.*


Reporter/Editor: Ewin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar