Ads

Minggu, 12 Maret 2023, Maret 12, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-12T12:18:21Z
BITUNG

Perkenalkan Dunia Kampus, Maurits Mantiri Kolaborasi dengan Tim Milenial Kreatif Boyong Puluhan Pelajar ke Sulawesi Education And Techno Expo 2023 di Mantos 3

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dampingi pelajar Kota Bitung di Sulawesi Education and Techno Expo 2023 (Foto : Propim Bitung)


JOURNALTELEGRAF - Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri memboyong puluhan pelajar SMA/SMK pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) menggunakan dua unit bus untuk mengikuti pameran bertajuk Sulawesi Education and Techno Expo 2023, di Manado Town Square (Mantos) 3, Kota Manado, Jumat (10/3/2023).


Kunjungan pelajar Bitung ini sontak mengagetkan pelaksana di stand dari 59 Kampus Indonesia yang berpartisipasi, apalagi para pelajar tersebut diantar langsung orang nomor satu di daerah yang dikenal sebagai Kota Cakalang itu.


"Saya ingin memastikan mereka memperoleh hal positif dari kunjungan ini. Karena itulah saya harus mengantar dan mendampingi mereka secara langsung," tukas Maurits saat ditemui di lokasi pameran.


Pameran ini dilaksanakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI yang membawahi tiga provinsi, yakni Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Alhasil, perguruan tinggi yang ikut pameran tersebut tak hanya berasal dari Sulawesi Utara, melainkan juga dari luar daerah termasuk Pulau Jawa.


Maurits pun membeber tujuan dan manfaat dari kunjungan di pameran itu. Menurutnya, tujuan utama adalah mempersiapkan para pelajar memasuki dunia perguruan tinggi.


"Yang datang ini kan kelas XII (dua belas) semua, Mereka sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikan di SMA dan SMK masing-masing. Nah, sebagai pemerintah tentu perlu memfasilitasi mereka untuk masuk ke perguruan tinggi. Kebetulan ini ada pameran makanya mereka kita ajak ke sini," ujarnya.


Ia berharap lewat kunjungan itu para pelajar bisa mempersiapkan diri sebelum memilih kampus yang ingin mereka tuju. Hal itu penting agar mereka tidak salah menentukan rencana masa depan mereka.


"Mereka bisa tahu jurusan apa saja yang ada, sehingga bisa mencocokkan dengan passion mereka. Dengan begitu mereka bisa memilih kampus yang tepat untuk melanjutkan pendidikan," terangnya.


Dalam kesempatan itu Maurits menyampaikan terima kasih kepada Tim Milenial Kreatif. Tim itu kata dia, jadi pemrakarsa kunjungan para pelajar ke pameran di Mantos.


"Mereka yang memprakarsai sehingga pelajar dari Bitung bisa ambil bagian dalam pemeran ini. Dan memang mereka saya tugaskan untuk membantu saya dalam hal pengembangan pendidikan dan peningkatan kapasitas generasi muda di Bitung," tuturnya.


Tim Milenial Kreatif dimaksud beranggotakan enam orang. Mereka terdiri dari Yeske Lumakeki, Regina Tualage, Joshua Gosal, Cornelis Mandak, David Mantiri dan Joy Krisna Hursepuny. 


Mereka punya kepedulian terhadap dunia pendidikan sekaligus pengembangan generasi muda, mengingat semasa sekolah dulu aktif di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).


Tim ini sendiri merasa bangga karena Walikota Sendiri yang mengantarkan anak SMA/SMK kelas akhir datang ke Kampus Expo tersebut. 


“Mungkin Beliau adalah satu-satunya Walikota yang datang membawa para pelajar untuk melihat dan memilih kampus mana yang tepat bagi mereka sendiri, pak wali juga akan memberikan beasiswa bagi mereka yang kurang mampu dan berprestasi pada saat kuliah nanti melalui APBD." Yosua Gosal.


Yeske dan teman-teman secara terpisah mengakui peran mereka. Dijelaskan bahwa peran Tim Milenial Kreatif memang untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan serta para pelajar itu sendiri.


"Kami hanya melaksanakan petunjuk Pak Walikota. Dan sebisa mungkin kepercayaan itu akan kami jalankan dengan baik," ucap Yeske mewakili rekan-rekannya.


Terkait kunjungan ke lokasi pameran, Yeske memberikan penjelasannya. Ia menerangkan jika pelajar yang berkunjung semuanya tercatat sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).


"Jadi begitu lulus (SMA/SMK) mereka semua akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Makanya kami membantu mereka untuk mencari tahu keunggulan perguruan tinggi yang ada sebelum akhirnya mereka mengambil keputusan," paparnya.



Reporter : Arham Licin

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar