Ads

Minggu, 05 Maret 2023, Maret 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-05T07:29:56Z
sulteng

Nice Nickel Indonesia (NNI) Di Morowali Utara Akan Segera Beroperasi


JOURNALTELEGRAF  – Kawasan industri pengolahan nikel PT.Stardust Estate Investment (SEI) di Morowali Utara, akan segera memiliki tenan (investor) baru yang akan membangun 26 line (tungku) pengolahan nikel.


“Nama investor baru itu adalah Nice Nickel Indonesia (NNI). Masih sedang dalam proses,” ujar Yanto, Wakil Site Manager PT.SEI dalam pertemuan silaturahim dengan jajaran jurnalis Morowali Utara dan Morowali di Kolonodale, Sabtu (4/3) petang.


Yanto yang didampingi External Relation PT.Gunbuster Nickel Industry (GNI) Ivan Tagora mengemukakan, bila NNI beroperasi, maka kawasan industri nikel PT.SEI sudah akan memiliki dua tenan smelter, karena saat ini sudah beroperasi PT.GNI yang sedang membangun 25 tungku pengolahan nikel.


Ia juga menyebut ada satu tenan baru juga yang akan masuk tetapi tidak bergerak pada pengolahan nikel, tetapi akan bergerak di bidang pengelolaan pelabuhan (jeti), sehingga SEI nantinya akan memiliki tiga tenan.


Soal berapa nilai investasi NNI, Yanto belum merinci. Tetapi sebagai bahan pembanding, PT.GNI yang sedang membangun 25 tungku smelter, mengalokasikan dana investasi 3 miliar dolar AS atau sekitar Rp40 triliun.


Mengenai penyerapan tenaga kerja, Yanto menyebut bahwa SEI memproyeksikan nantinya akan memiliki 60.000 tenaga kerja. Saat ini sudah terserap sekitar 11.000 tenaga kerja. 


Yanti dan Ivan Tagora berharap para jurnalis mendukung terciptanya suasana kondusif untuk jalannya industri nikel yang kini semakin tertarik untuk masuk ke Morut. Bahkan ada juga investor di luar kawasan SEI yang akan membangun smelter yang akan fokus mengolah bahan baku (ore) dengan kadar 1,6 persen ke bawah.


Kalau PT.GNI yang saat ini sudah mengoperasikan sejumlah tungku smelter hanya mengolah ore dengan kadar 1,7 persen ke atas.


Ketua Forum Komunikasi Jurnalis (FKJ) Morut Rolex Malaha dalam silaturahim jurnalis dengan jajaran PT.SEI dan PT.GNI ini mengatakan bahwa jurnalis Morut mendukung pengembangan industri nikel di Morut karena investasi ini telah terbukti meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat Morut.


“Kami berharap ke depan SEI dan GNI lebih terbuka kepada jurnalis dengan memberikan akses yang lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai hal terkait pengembangan kawasan industri serta investasi di dalamnya,” ujarnya. 


Baik Yanto maupun Ivan Tagora menjamin keterbukaan SEI dan GNI kepada jurnalis dan akan terus mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, seperti pengembangan SDM jurnalis melalui pelatihan maupun lomba-lomba karya jurnalistik. 



Reporter - Artomo lagaronda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar