Ads

Minggu, 19 Februari 2023, Februari 19, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-19T03:02:52Z
sulteng

Terseret Arus Sungai, 2 Orang Pria Di Tolitoli Dinyatakan Hilang

 

Foto : SAR tim rescue Unit Siaga SAR Tolitoli Saat melakukan pencarian Korban Hanyut Di sungai Desa Kongkomos, Kecamatan Basidondo, Kabupaten Tolitoli.



JOURNALTELEGRAF - Saharudin (40) dan Safarudin (18) warga Desa Kongkomos, Kecamatan Basidondo, Kabupaten Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah dinyatakan hilang, pada Sabtu (18/2/2023). Ia diduga terbawa derasnya air sungai saat hendak menyeberang.


Dilansir dari akun Facebook @BasarnasPalu, Andi Sultan, S.E. selaku Kepala Subseksi Operasi dan Siaga SAR mengatakan bahwa korban diketahui terbawa hanyut sekitar pukul 07.40 WITA.


"Kami menerima laporan adanya warga yang terbawa derasnya air sungai sekitar pukul 18.3," kata Andi Sultan.


Berdasarkan keterangan yang diterimanya dari saksi di lapangan, diungkapkan Andi Sultan, kedua korban berniat menyeberangi sungai dengan menggunakan rakit namun salah satu korban terjatuh dan rekan yang satunya berniat menolong tetapi naas rekannya juga ikut jatuh dan hanyut terbawa arus sungai.


Menerima laporan tersebut, warga bersama tokoh masyarakat melakukan upaya pencarian korban di sekitar daerah aliran sungai. Namun korban belum juga ditemukan.


Karena tidak jua ditemukan, pihak desa kemudian melaporkan kejadian itu kepada Koramil dan Polsek terdekat, juga ke pihaknya.


"Siang ini pihak Basarnas Palu melalui Unit Siaga SAR Tolitoli kembali menerima 1 laporan kondisi membahayakan jiwa manusia yakni 2 orang hanyut disungai, Menerima laporan itu kami langsung turun ke lapangan untuk melakukan upaya pencarian bersama unsur TNI, Polri bersama warga setempat, namun hingga malam hari belum juga ditemukan," jelasnya.


Sebelum melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas, pihak keluarga dan aparat setempat telah lebih dahulu melakukan upaya pencarian namun hingga kini belum menemukan kedua korban hanyut.


"Setelah menyiapkan peralatan SAR tim rescue Unit Siaga SAR Tolitoli yang berjumlah 4 (empat) orang personil segera bergegas menuju lokasi kejadian dengan menggunakan rescue car double cabin dengan membawah 1 unit rubber boat, dan peralatan SAR lainnya," lanjut dia.


Setibanya di lokasi kejadian tim langsung berkoorinasi dengan pihak keluarga dan pontensi SAR untuk selanjutnya melakukan pencarikan terhadap kedua korban.


"Tim rescue dibantu masyarakat setempat melakukan penyisiran mengikuti aliran sungai," Tutupnya.




Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar