Ads

Rabu, 22 Februari 2023, Februari 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-22T04:27:58Z
Nusa UtaraSangihe

Tahun 2023, Program Kegiatan Pemdes Bahu Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Desa Bahu, Amir M. Hapantenda



JOURNALTELEGRAF - Memasuki tahun anggaran 2023, Pemerintah Desa Bahu, Kecamatan Tabukan Utara telah menggelar beberapa pertemuan dalam membahas program dan kegiatan kerja selama setahun berjalan.


Adapun salah satu pertemuan yang digelar adalah pembahasan serta penentuan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa tahun 2023.


"Untuk tahun ini, jumlah KPM BLT DD di Desa Bahu berjumlah 41 penerima. Jumlah ini telah diputuskan bersama dalam rapat sesuai kriteria yang ditetapkan pada tahun ini," kata Kepala Desa Bahu, Amir M. Hapantenda di ruang kerjanya. Rabu,(22/02/2023).


Selain penanganan BLT DD, Amir juga mengatakan bahwa di tahun 2023 ini Pemdes Bahu telah siap menggelontorkan bantuan bagi 23 Kepala Keluarga (KK).


"Kita juga telah menganggarkan penyertaan bantuan bagi 23 keluarga, warga Desa Bahu yang layak menerima untuk pembuatan rumah tinggal layak huni secara swadaya. Jadi ada penyertaan bantuan sebesar 10 juta rupiah untuk tiap kepala keluarga; tapi bantuannya itu kami serahkan dalam bentuk bahan bangunan," ungkapnya.


Sementara untuk komitmen pada sektor pertanian, Kades Amir menyebutkan ada 20 persen anggaran untuk ketahanan pangan yang telah disiapkan.


"Kita juga tetap menjaga komitmen untuk terus membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan sektor pertanian yang ada, sehingga untuk anggaran 20 persen ketahanan pangan di tahun ini, kami fokuskan di sektor pertanian seperti pemberian stimulan bantuan bibit tanaman," jelasnya.


Amir pun menyatakan bahwa jalannya pemerintahan di desa tetap mengacu pada beberapa peraturan maupun regulasi yang telah ditetapkan.


"Pelaksanaan setiap pekerjaan maupun kegiatan di tahun ini, kita selalu mengacu pada peraturan-peraturan yang diberikan sebagai pedoman seperti Permendes nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dandes 2023 juga ada Peraturan Menteri Keuangan," pungkasnya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar