Ads

Selasa, 28 Februari 2023, Februari 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-02T02:17:08Z
Nusa Utara

Pagu Anggaran Naik, Pemdes Petta Barat Fokuskan Dandes Untuk Kebutuhan Warga

Kepala Desa Petta Barat, Sitih Sjarah Gabriel.



JOURNALTELEGRAF - Sebagai salah satu desa berstatus desa mandiri, Pemerintah Desa (Pemdes) Petta Barat Kecamatan Tabukan Utara, terus berbenah dalam upaya memajukan dan mengembangkan desa, serta juga memberdayakan masyarakatnya.


Upaya itu semakin nyata sebab didorong dengan penyertaan dan alokasi anggaran yang tertuang pada APBKam tahun 2023; untuk program kegiatan Pemdes yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan warga.


Terkait pelaksanaan agenda kegiatan di tahun 2023, Kepala Desa Petta Barat, Sitih Sjarah Gabriel mengatakan bahwa Pemdes Petta Barat telah mengatur alokasi dan peruntukkan Dana Desa (Dandes) yang ada, secara berimbang.


"Untuk tahun anggaran 2023 ini, kami bersyukur sebab mendapat kenaikan jumlah pagu anggaran dandes dari APBN karena perubahan status desa kini menjadi desa mandiri. Sehingga kami bisa sedikit leluasa mengakomodir beragam kegiatan di desa baik pembangunan fisik maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat," ungkap Gabriel. Selasa,(28/02/2023).


Dia juga membeberkan beberapa program kegiatan di tahun 2023 yang akan siap dilaksanakan setelah dana desa itu turun.


"Memang di tahun ini masih juga bergelut dengan BLT, jadi masih ada 34 keluarga penerima manfaat yang terakomodir. Kemudian juga tetap ada penyertaan bantuan sebagai bentuk dukungan ketahanan pangan secara nasional yakni pemberian bibit ternak dan tanaman," jelas Gabriel.


Sementara untuk kegiatan pembangunan fisik sendiri, Gabriel menyebutkan ada 3 paket pekerjaan yang siap dibangun demi kepentingan warga Desa Petta Barat.


"Untuk pembangunan fisik di tahun ini kita melihat sesuai kebutuhan yang ada dimana dimulai dari pekerjaan pembuatan jalan setapak sebagai akses warga desa dalam beraktivitas. Juga akan ada pembangunan lumbung pangan desa dan balai rakyat. Tentu semua pembangunan ini sesuai dengan kebutuhan yang ada di Desa Petta Barat," ujarnya.


Gabriel hanya berharap, dalam jalannya pemerintahan di desa tetap ada kawalan dan dukungan dari masyarakat, demi transparansi pengelolaan anggaran dana desa dan kemajuan di desa.


"Dalam segala pekerjaan di desa kita selalu berupaya melibatkan semua warga desa, dengan harapan bersama-sama menopang pekerjaan yang ada, sekaligus mengawal kami pemerintah desa dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di desa," pungkasnya.


Diketahui, Desa Petta Barat juga kerap kali melibatkan karang taruna desa dalam melaksanakan dan mensukseskan program kegiatan di desa.



Reporter/Editor : Dendy Abram 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar