Ads

Sabtu, 21 Januari 2023, Januari 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-21T14:34:11Z
NASIONAL

Senator Asal Papua Barat Tolak Sikap Ketua DPD RI yang Menghendaki Kembali Ke UUD 1945 Asli

Foto : Filep Wamafma, Wakil Ketua Komite I DPD RI (ist)


JOURNALTELEGRAF – Menyusul gagasan Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti, untuk kembali ke naskah asli UUD 1945 yang dikaitkan dengan eksistensi sistem bikameral, anggota DPD RI, Filep Wamafma angkat bicara.


Senator asal Papua Barat ini justru memberikan respons sebaliknya atas gagasan yang disampaikan LaNyalla. Menurutnya, bikameral merupakan bagian dari amanat reformasi.


“Perjuangan reformasi ialah menghilangkan sentralisasi kekuasaan pada satu lembaga, dan menegasikan lembaga yang lain, juga menghindari Power tends to corrupt. Untuk mencegah pemutlakan kekuasaan, maka perlu ada mekanisme saling mengawasi, termasuk dalam legislatif. Ini juga supaya UU yang dihasilkan di kamar DPR tidak menjadi sewenang-wenang,” ungkap Filep, Sabtu (21/1/2023).


Selanjutnya sebagai Ketua DPD RI, menurut Filep yang juga adalah Wakil Ketua Komite I DPD RI ini menegaskan, LaNyalla seharusnya memperjuangkan penguatan fungsi bikameral tersebut, bukan sebaliknya.


“Sebagai Ketua DPD, semestinya yang diperjuangkan ialah penguatan fungsi bikameral itu, bukan melemahkannya," kata Filep.



Reporter : Mario Prakoso

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar