Ads

Rabu, 25 Januari 2023, Januari 25, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-25T15:40:57Z
Bolmut

Pemda Bolmut Gelar Orientasi Penyusunan RKPD Tahun 2024

Foto : Orientasi Penyusunan RKPD Kab Bolmut (ist)


JOURNALTELEGRAF -  Bupati Bolaang Mongondow Utara diwakili Oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Abdul Nazarudin Maloho membuka secara resmi acara Orientasi Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2024 yang Bertemat di Aula Kantor Bapelitbang, Rabu (25/1/2023).


Dalam sambutan Bupati Bolmut dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan RKPD Merupakan Dokumen Perencanaan Pemerintah Daerah untuk periode satu tahun. RKPD Mempunyai kedudukan strategis sebagai penyambung antara perencanaan dan penganggaraan tahunan.


"Dapat saya sampaiakan secara umum Nilai strategis secara umum nilai strategis dan pentingnya dokumeb RKPD diantaranya. Pertama, RKPD merupakan instrumen pelaksanan RPJMD, kedua menjadi acuan penyusunan rencana kerja SKPD, berupa program/kegiatan SKPD dan atau lintas SKPD, ketiga mewujudkan keselarasan program dan sinkronisasi pencapaian sasaran RPJMD, keempat menjadi landasan penyusunan KUA dan PPAS dalam rangka penyusunan RAPBD, kelima, menjadi bahan evaluasi rancangan peraturan daerah tentang APBD untuk memastiakan APBD telah disusun berlandasan RKPD tersebut, dapat saya katakan bahwa pemerintah daerah berkewajiban untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah yang berfungis sebagai landasan dalam penyelanggaran tugas umum pemerintah dan tugas tugas pembangunan," terang Bupati.



Foto : peserta kegiatan orientasi (ist)


Dia pun menambahkan, saat ini memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks sebagai dampak dari globalisasi, ditambah lagi pada masa Pandemi Covid 19 ini begitu besar permasalahan dan tantanga pembanguan ke depan. Dilain pihak terbatas sumber daya pembangunan khususnya terbatasnya anggaran. Kondisi ini tentunya akan berakibat pada pelaksanaan program program unggulan dan strategis di kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang telah kita susun dengan Baik.


Program kegiatan strategis yang dapat memberdayakan atau membagkitkan partisipasi masyarakat, penagulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja dan  meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan perlu menjadi perhatian bersama.


Forum orientasi RKPD sebagai langkah awal dalam penyusunan rencana kerja daerah pemerintah daerah tahun 2024, harus benar benar dipergunakan untuk menyatukan persepsu dalam merumuskan kebijakan, program dan kegiatan yang efektif, efisien, berdaya guna dan berhasil guna. Kita harus benar benar efisien dalam menggunakan sumberdaya pendanaan.


"Mari kita manfaatkan forum ini seoptimal mungkin, berikan banyak masukan dan informasi dengan tepat memperhatikan aspek pemerataan, keterpaduaan, sesuai skala prioritas dengan mempertimbangkan keuangan daerah, sehingga diperoleh rumusan rumusan positif yang mencerminkan kebutuhan rill masyarakat dan mampu mendukung kemajuan pembangunan kabupaten Bolaang Mongondow Utara," ujarnya.




Turut Hadir, Kepala BPS Bolmut Jasni Makalungsenge, Kepala Bapelitbang Bolmut, Aroman Talibo dan Para Pimpinan OPD dan Peserta Forum Orientasi Penyusunan RKPD. 



Reporter : Irsan Manggopa

Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar