Ads

Selasa, 03 Januari 2023, Januari 03, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-03T09:03:58Z
HUKRIM

BNN Minta Perbanyak Alat Tes Urine Pasca PNS di Kota Palu Terindikasi Positif Narkoba


Foto : ilustrasi 


JOURNALTELEGRAF - Hasil tes urine di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Palu dan instansi lainnya di Sulawesi Tengah mengindikasikan sejumlah PNS terindikasi pengguna narkoba.


Hal itu disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, AKBP Baharuddin, Senin (2/1/2023).


Pelaksanaan tes urine itu dilakukan secara acak di sejumlah OPD. Meski tak menyebut jumlah pastinya, namun Baharuddin mengatakan bahwa setiap instansi ditemukan pegawai positif narkoba.


Adapun instansi yang menjadi sasaran tes urine seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol), Dinas Pemadam Kebakaran, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri hingga Bandara Mutiara Sis Aljufri.


“Tidak semua OPD, hanya beberapa sampel saja. Di setiap OPD itu kami menemukan para penyalahguna narkoba,” kata Baharuddin.


Terkait temuan tersebut, Baharuddin mengaku was-was dengan kasus pelanggaran Narkotika di lingkungan instansi pemerintah.


Alasan dini tes narkoba ini tidak menyasar semua OPD karena keterbatasan alat tes urine yang dimiliki BNN Kota Palu.


Baharuddin menyebutkan, penundaan saat ini tengah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terkait upaya rehabilitasi terhadap para pegawai pengguna narkoba.


Jika segera direhabilitasi, perwira menengah Polri merasa khawatir mereka akan mencari teman sehingga jumlah kasus bertambah.


“Tes urine tidak bisa dilakukan secara menyeluruh karena keterbatasan peralatan. Misalnya satu OPD ada 200 pegawai, yang menjalani tes urin hanya 50 orang. Narkoba ini musuh bersama. Kami berharap alat tes urine bisa diperbanyak dan didukung Pemkot Palu agar semakin banyak yang bisa terjaring,” pungkasnya.



Reporter : Moh Asri

Editor : Arham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar