Ads

Jumat, 16 Desember 2022, Desember 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-16T09:11:35Z
Nusa UtaraSangihe

Resmikan Museum Sanggar Apapuhang Sangihe, Tamuntuan : Akan Ada Perhatian dan Support Dari Pemda

PJ. Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan Ketika Meresmikan Museum Sanggar Apapuhang Sangihe, di Desa Lenganeng.


JOURNALTELEGRAF - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan meresmikan Museum Sanggar Apapuhang Sangihe, bertempat di Desa Lenganeng, Kecamatan Tabukan Utara. Jumat,(16/12/22)


Kehadiran Tamuntuan disambut secara adat oleh Pemerintah dan Masyarakat Desa Lenganeng; Yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi adat lainnya seperti 'Menahulending' lalu akhirnya secara resmi ditandai oleh pengguntingan pita sekaligus penandatangan prasasti.


Kehadiran Museum Sanggar Apapuhang Sangihe ini pun mendapat apresiasi dari Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan. Disentil terkait dukungan dari pemerintah daerah terhadap kehadiran dan kelangsungan salah satu museum yang menjaga dan merawat kekayaan budaya daerah, Tamuntuan dengan penuh kebanggaan menyatakan bahwa tetap akan ada perhatian dari pemerintah daerah.


"Tentu akan ada perhatian dari pemerintah daerah, bahkan pemerintah provinsi juga untuk kehadiran museum yang menjaga dan merawat kekayaan budaya daerah seperti ini. Kita juga akan bersinergi dengan kementrian agar bisa dikemas dengan baik lagi, pada prinsipnya kita mensupport penuh," ujarnya.


Terkait cikal bakal berdirinya Sanggar Apapuhang Sangihe yang kini berubah dan ditetapkan sebagai Museum, Pendiri Sanggar, Alfian Walukow  secara singkat menjelaskan bahwa semuanya dimulai pada 12 tahun lalu.


"Sanggar Apapuhang Sangihe ini memang sudah aktif dan berjalan sejak tahun 2010, namun baru bisa dibuatkan akta notarisnya pada tahun 2021 lalu karena terkendala biaya, tapi hari ini kita bersyukur Museum Sanggar Apapuhang Sangihe telah resmi ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus penandatangan prasasti dari Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan. Untuknya kami sangat bersyukur dan berterima kasih," ungkapnya.


Sementara mewakili pemerintah dan masyarakat, Kepala Desa Lenganeng Hesky Sasundu, tak lupa menuturkan ungkapan terimakasih atas kehadiran dari Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dalam kegiatan peresmian di desanya.


"Banyak-banyak terima kasih kepada Ibu Bupati bersama rombongan bisa hadir bersama kami masyarakat Desa Lenganeng terlebih khusus teman-teman pengurus Museum Sanggar Apapuhang Sangihe ini, dalam kegiatan peresmian mulai dari pengguntingan pita hingga penandatanganan prasasti," pungkasnya.


Kegiatan peresmian berjalan baik dengan dilaksanakan ibadah syukur bersama pemerintah dan masyarakat Desa Lenganeng serta pengurus Museum Sanggar Apapuhang Sangihe.


Turut hadir bersama, Kalapas Tahuna Suharno, Para Asisten, Anggota DPRD Sangihe, Fridson Manoppo, Kadis Pendidikan dan Fri Kebudayaan Daerah Djoli Mandak, Direktur RSUD Liung Kendage Tahuna dr Aprikonus Loris, Camat Tabukan Utara, Perwakilan Kapolsek Tabut dan Danramil 1301/07 Tabut serta tamu undangan lainnya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar