Ads

Rabu, 21 Desember 2022, Desember 21, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-22T01:01:14Z
Nusa UtaraSangihe

Diakhir Tahun, Tamuntuan Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Nelayan Dari 5 Kecamatan

Kegiatan Penyerahan Bantuan Kepada Kelompok Nelayan dari 5 Kecamatan


JOURNALTELEGRAF - Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyerahkan bantuan sarana prasarana usaha perikanan tangkap kepada 16 kelompok nelayan dari lima kecamatan. Rabu,(21/12/2022)


Pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut dipusat di Desa Dagho, Kecamatan Tamako; Dan diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan kepada para penerima.


"Saya sangat mengapresiasi kepada dinas kelautan dan perikanan daerah yang sudah memfasilitasi, sehingga bantuan ini dapat diserahkan kepada kelompok usaha masyarakat," ucap Tamuntuan.


Menurut Dia, perkembangan sektor perikanan menjadi salah satu andalan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


"Sebagai daerah maritim, kekayaan laut daerah Kabupaten Sangihe tidak diragukan lagi karena hasil laut yang melimpah dan kualitas ikan yang juga termasuk layak standar untuk diekspor," sebut Tamuntuan.


"Hal ini yang perlu semakin kita tata dengan lebih baik lagi kedepannya sehingga dapat dilaksanakannya kembali kegiatan ekspor produk perikanan Sangihe," sambungnya.


Tamuntuan pun berharap terciptanya kerjasama yang baik antara nelayan dan pengusaha perikanan serta pemerintah untuk mendukung majunya ekspor hasil perikanan.


"Dari pemerintah sendiri akan terus memberi perhatian kepada para nelayan dengan memberikan pendampingan dan penyuluhan bahkan bantuan fasilitas seperti ini, dan tinggal bagaimana nelayan memanfaatkannya dengan baik," harapnya


Dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, Tamuntuan juga berharap para kelompok nelayan ini akan semakin berkembang sehingga kebutuhan pasar dapat terpenuhi dan para nelayan dapat menikmati hasil usaha serta mengalami peningkatan ekonomi.


Terkait bantuan yang diserahkan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ronald Izaak mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Sangihe di Bidang Pengadaan Sarana Prasarana Alat Tangkap.


"Untuk Kabupaten Sangihe saat ini mendapatkan 5 buah perahu pamo dengan tipe Viber class dan 11 perahu jenis pelang dengan tipe yang sama," ungkapnya.


Terkait bantuan ini, Ronald menyebutkan akan tetap dilakukan pengawasan dalam rangka pelaksanaan pemanfaatan tersebut.


"Apabila ditemukan dalam beberapa bulan atau dalam tahun ini dan tahun kedepannya, itu tidak digunakan dengan baik, maka kami bisa mengalihkan memberikan peringatan, kalau tidak kita akan mengalihkan kepada kelompok - kelompok yang betul - betul membutuhkan," tutupnya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar