Ads

Rabu, 02 November 2022, November 02, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-02T14:50:35Z
kabupaten tolitolisulteng

Pengukuhan Pengurus Dan Rakor Forum Koordinasi Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten/kota Se-provinsi Sulawesi Tengah Periode 2022-2025

 


JOURNALTELEGRAF - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tolitoli Ny. Sriyanti Amran Hi. Yahya didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Sudirman Lagora, SP dan Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli Dedy Datuamas, ST menghadiri acara Pengukuhan dan Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Aula Pogombo Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu(02/11/2022).                             


Rapat Koordinasi tersebut diawali dengan Pengukuhan Ketua Pengurus FORIKAN Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah Masa Bhakti 2022-2025 oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Pj. Sekretaris Provinsi Dr. Rudi Dewanto, SE., MM. 


Sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah yang dibacakan oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan peningkatan konsumsi ikan di Sulawesi Tengah dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ketahanan pangan, sebab ikan mengandung omega 3, 6, dan 9 sehingga memiliki peran penting untuk mendukung program peningkatan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan dan anak-anak yang dibawa umur 2 tahun, dalam rangka peningkatan kualitas SDM yang produktif dan berdaya saing.


Pada tahun 2021, data menunjukkan bahwa angka konsumsi ikan di Sulawesi Tengah cukup membanggakan yaitu 67,8 Kg/kapital/tahun, dan untuk tahun 2022 Pemerintah Daerah memiliki target 68,5 Kg/kapital/tahun, berarti kebutuhan ikan di Sulawesi Tengah diprediksi sebesar 203.000 ton.


Upaya peningkatan gizi masyarakat dengan mengkonsumsi ikan perlu ditingkatkan karena ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang aman di konsumsi dan dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat, serta menjadi salah satu sumber utama protein dalam pola budaya dan konsumsi masyarakat Sulawesi Tengah.  


Rapat Koordinasi FORIKAN ini diikuti oleh para Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, para Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah dan undangan lainnya. 





Editor/Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar