Ads

Jumat, 11 November 2022, November 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-11T03:22:55Z
OLAHRAGA

Berikut 6 Negara Asia yang Baru Tampil Sekali di Piala Dunia, Ada Timnas Indonesia


piala dunia
Foto : Timnas Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 di Perancis (ist)



JOURNALTELEGRAF - Pentas sepakbola terakbar di jagat raya akan kembali dihelat November 2022 ini. Negara di benua Asia akan kembali menjadi tuan rumah, setelah 20 tahun silam Korea Selatan - Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.


Qatar, negara di Timur Tengah ini resmi ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan menjadikan negara penghasil minyak ini untuk pertama kali tampil di ajang sepakbola paling bergengsi tersebut.


Berikut negara Asia yang baru sekali tampil di Piala Dunia sepanjang sejarah.


1) HINDIA BELANDA (Kini Jadi Timnas INDONESIA)


Sebagaimana diketahui, sebelum Indonesia merdeka, seluruh wilayah Tanah Air masih berada di bawah pemerintahahan Hindia Belanda.


Saat Piala Dunia 1938 silam di Prancis akan digelar, Hindia Belanda mendapatkan keberuntungan. Jepang yang memutuskan mundur karena perang membuat Hindia Belanda ditunjuk menjadi pengganti.


Sayang langkah mereka langsung terhenti di babak pertama karena dibantai oleh Hungaria dengan skor telak enam gol tanpa balas alias 0-6.


Setelah Piala Dunia 1938 selesai, skuat Hindia Belanda perlahan-lahan menghilang. Puncaknya ketika Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 dan Hindia Belanda tak pernah ada lagi.


Setelah merdeka hingga sekarang, Merah Putih selalu memakai nama kebanggaan yakni Timnas Indonesia. Sayang, sepak bola Indonesia masih kalah bersaing di Asia dan belum pernah lolos ke Piala Dunia.


2) UNI EMIRAT ARAB (UEA)

Selain Indonesia, Uni Emirat Arab (UEA) juga pernah berlaga di Piala Dunia tepatnya saat edisi 1990 silam di Italia.


Sayangnya, UEA harus berhadapan dengan Jerman Barat, Yugoslavia, dan Kolombia yang membuatnya kalah dalam tiga pertadingan di fase grup. UEA pun harus gugur karena menjadi juru kunci.


3) QATAR 

Yang terbaru ada Qatar yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang. Sebelumnya, Qatar ternyata belum pernah lolos di ajang bergengsi ini meski menjadi salah satu negara kuat di Asia.


Di Piala Dunia 2022, Qatar akan menghadapi cobaan berat. Mereka tergabung ke dalam Grup A bersama tim-tim kuat yakni Belanda, Ekuador, dan Senegal di Grup A.


4) CINA 

Negeri Tirai Bambu atau julukan negara China juga baru sekali tampil di Piala Dunia. Pecinta sepak bola Indonesia pasti masi ingat momen di edisi 2002 silam.


Kala itu China sukses lolos ke Piaka Dunia saat digelar di Korea Selatan dan Jepang. Sayang, mereka hanya menjadi juru kunci fase grup karena menjadi bulan-bulanan Brasil, Turki, dan Kosta Rika.


5) KUWAIT 

Kuwait berhasil lolos untuk pertama kalinya dalam sejarah di Piala Dunia 1982 silam setelah menduduki posisi pertama dalam kualifikasi AFC dan OFC.


Sama seperti negara Asia lainnya, Kuwait gagal lolos fase grup setelah ditumbangkan Prancis dan Inggris, meski mereka sempat menahan Cekoslovakia dengan skor 1-1.


6) IRAK

Terakhir ada Irak yang sempat tampil di Piala Dunia edisi 1986 silam di Meksiko. Sayang, Irak harus berhadapan dengan tuan rumah Meksiko, Paraguay, dan Belgia yang membuatnya tidak berkutik.


Irak akhirnya harus pulang lebih cepat karena belum mendapatkan poin dari tiga laga di fase grup iala Dunia 1986.



Source: IndoSport

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar