Ads

Minggu, 16 Oktober 2022, Oktober 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-16T06:56:16Z
sulteng

Wakil Bupati Morut Buka Lomba Cipta Menu



JOURNALTELEGRAF - Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K. S.Pd, M.Pd Buka Kegiatan Lomba Cipta Menu Kudapan Non Beras Berbahan Pangan Lokal Khas Morut di Pelataran Kantor Bupati pada Sabtu (15/10/2022). 


Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-9 Kabupaten Morowali Utara, Pemerintah Daerah menggelar berbagai macam lomba yang diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah (PD). Berbagai macam lomba yang akan digelar seperti lomba memasak, lomba olahraga tradisional (tarik tambang, lari karung, bakiak dan sebagainya), serta lomba menyanyi. Dan lomba Cipta Menu dipilih sebagai lomba pembuka dalam rangkaian lomba yang akan diselenggarakan. 


Kegiatan lomba Cipta Menu yang digelar sabtu pagi ini, diikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari 30 peserta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perangkat Daerah, 6 peserta dari pelaku UKM dan 1 peserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara. Bertindak sebagai dewan juri yakni Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali Utara Ny. Febriyanthi H.D.J Hehi S.Si, Apt, Ketua DWP Kabupaten Morowali Utara Ny. Husna Musda Guntur, serta beberapa anggota juri lainnya. 


Adapun kriteria penilaian dari para juri meliputi tampilan menu, resep menu serta kandungan gizi pada menu yang dibuat. Para peserta diberikan waktu ±90 Menit untuk demo masak. 


Adapun hadiah total yang telah disiapkan sebesar 100 Juta Rupiah dan disponsori oleh PT. Arniel Tamson Gas. Kegiatan Lomba memasak ini dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) terkait penggunaan tabung gas elpiji bagi para ASN. 


Dalam sambutannya, Bupati Djira mengapresiasi kegiatan lomba Cipta Menu ini. Karena selain untuk memeriahkan HUT Ke-9 Kabupaten Morowali Utara, lomba Cipta Menu ini menghadirkan inovasi dalam menciptakan menu kudapan yang dapat dijadikan ciri khas makanan yang ada di Kabupaten Morowali Utara. 


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Morowali Utara bekerjasama dengan HIPMI Morut, dan dirangkaikan dengan sosialisasi penggunaan LPG Pink bagi para ASN agar lebih sadar dalam menggunakan varian tabung gas yang tersedia di pasaran. Dimana tabung gas 3 Kg (tabung gas hijau) merupakan tabung gas bersubsidi yang pemerintah berikan khusus untuk masyarakat yang kurang mampu. Para ASN dianjurkan untuk menggunakan tabung gas 5Kg berwarna pink (Bright Gas). 


"Tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk menciptakan menu kudapan khas Kabupaten Morowali Utara. Oleh karena itu, kami berharap agar para peserta dapat berinovasi dan berkreasi untuk menciptakan menu baru yang nantinya dapat menjadi ciri khas Kabupaten Morowali Utara. Kami juga berharap menu kudapan khas ini dapat terus tersedia sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga nantinya", ujarnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Penggunaan Tabung Gas LPG Pink Untuk ASN oleh Ketua BPC HIPMI Morowali Utara Fanny Mistika Tampake M.Kom.


Setelah melalui proses penilaian dari para dewan juri, akhirnya DWP Dinas Pendidikan Daerah ditetapkan sebagai juara pertama lomba Cipta Menu. 


Nampak hadir pada kegiatan ini Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, Sekretaris Daerah Ir. Musda Guntur MM, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Gatot S.E Budiyanto S.Kom, sejumlah kepala OPD, Ketua TP-PKK Morut Ny. Febriyanthi H.D.J Hehi S.Si, Apt, Ketua I TP-PKK Morut Ny. Widyawati M. Djira, Ketua DWP Kabupaten Morowali Utara Ny. Husna Musda Guntur, Ketua BPC HIPMI Kabupaten Morowali Utara Fanny Mistika Tampake M.Kom., Ketua Panitia Lomba Cipta Menu Rheny Gatot S.E Budiyanto serta seluruh pengurus DWP Kabupaten Morowali Utara.




Reporter : Artomo lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar