Ads

Jumat, 21 Oktober 2022, Oktober 21, 2022 WIB
Last Updated 2023-01-11T07:15:52Z

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Anggota MPR RI (Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) Di Kelurahan Sidoarjo





JOURNALTELEGRAF - Anggota MPR RI dari Fraksi Gerindra, Supratman Andi Agtas SH.,MH, menggelar sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Tolitoli yang merupakan bagian dari wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) Sulteng.



Materi empat pilar kebangsaan yang disampaikan nara sumber Ahmad Bahri (Staf Ahli Fraksi Nurani Indonesia Raya) DPRD Kab. Tolitoli, yang mana pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di kediaman bapak Freshly Manansang di Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Jum’at (21/10/22) di Tolitoli.



Dalam pemaparannya, Ahmad Bahri menyatakan kegiatan ini adalah sebuah kewajiban bagi setiap anggota MPR RI untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat di setiap daerah pemilihan.



“Termasuk pak Supratman Andi Agtas, yang tak bosan terus mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ini sebagai bentuk tanggungjawab beliau sebagaimana yang telah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. Harapannya melalui kegiatan ini masyarakat akan selalu mendapat informasi untuk menjaga ideologi bangsa yaitu Pancasila,” sambung Ahmad Bahri.



Ahmad Bahri, menyatakan konsep empat pilar kebangsaan tersebut adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.



“Hal ini sebagai wujud tanggung jawab penyelenggara negara untuk selalu dapat menciptakan keadaan yang kondusif bagi masyarakat bahwa betapa pentingnya pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai empat pilar kebangsaan,ditengah-tengah kehidupan masyarakat” beber Ahmad Bahri.



Empat pilar dan kehidupan berbangsa dan bernegara kata Ahmad Bahri yang juga Politis Partai Gerindra (Sekretaris DPC Partai Gerindra Kab. Tolitoli) itu, adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat  dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan.



Menurut Ahmad Bahri, implementasi empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari dapat dimulai dari hal yang sederhana diantaranya adalah peka terhadap lingkungan sekitar dengan menjaga nilai-nilai bertoleransi dalam kehidupan masyarakat serta bergotong royong dalam hal-hal kebaikan bagi kepentingan umum.



“Pada prinsipnya Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada diatas tiga pilar yang lainnya. Tujuannya mewujudkan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” tandas Ahmad Bahri.



Sosialisasi empat pilar kebangsaan diakhiri dengan memberikan motivasi dan foto bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Perempuan Kelurahan Sidoarjo.



Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar