Ads

Senin, 24 Oktober 2022, Oktober 24, 2022 WIB
Last Updated 2023-02-02T21:52:23Z
Nusa UtaraSangihe

Naik Status Menjadi Desa Mandiri, Begini Penjelasan Kades Petta Barat

Kades Petta Barat, Sitih Sjarah Gabriel.



JOURNALTELEGRAF - Upaya dan kerja keras Pemerintah Desa Petta Barat dalam mengejar target menuju Desa mandiri akhirnya terpenuhi. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sitih Sjarah Gabriel selaku Kepala Desa.


"Jadi untuk saat ini status desa kami telah naik menjadi Desa Mandiri dari yang sebelumnya Desa Maju. Ternyata selama ini, ada beberapa indikator berdasarkan hasil kinerja kami di desa yang tidak terlaporkan atau terinput dalam database terkait IDM di Kemendes," ungkap Gabriel. Senin,(24/10/2022)


Terkait IDM (Indek Desa Membangun) ini, lanjut Gabriel ternyata Desa Petta Barat secara geografis juga memiliki indikator penilaian terhadap hal ini.


"Letak geografis di desa ternyata juga mempengaruhi pada penilaian, sebab kami berada di desa yang kondisi lingkungannya masih baik namun juga tetap masuk dalam wilayah rawan bencana. Di samping itu, kami juga memiliki beberapa fasilitas publik seperti pasar untuk sarana pendukung pusat perdagangan maupun persediaan logistik," jelasnya.


Dengan naiknya status Desa Petta Barat menjadi Desa Mandiri, Gabriel berharap akan ada reward ataupun kelebihan tersendiri bagi desa-desa dengan hasil penilaian kinerja yang baik.


"Hanya berharap dengan naiknya status desa ini, tentu akan lebih terbuka peluang-peluang dari berbagai sektor ataupun mendapat keuntungan tersendiri dari kementerian desa sebagai penilai," pungkasnya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar