Ads

Selasa, 11 Oktober 2022, Oktober 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-11T16:13:18Z
HUKRIMNusa UtaraSangihe

Saber Pungli Terbentuk, Kapolres : Bila Kedapatan, Laporkan Dan Kami Tindak Tegas

Suasana Rapat Koordinasi Teknis Unit Pemberantasan Pungli Di Aula Sanika Satyawada Polres Kepulauan Sangihe 



JOURNALTELEGRAF - Tindakan 'nakal' seperti Pungli (Pungutan Liar) memang kerap kali dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab disetiap tempat, waktu dan kesempatan. Hal itu pun menjadi sebuah praktek 'nakal' yang sangat merugikan masyarakat dan negara pada umumnya. Sehingga menyikapi tindakan-tindakan masif seperti Pungli, Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) sebagai satu institusi hukum akhirnya bergerak untuk meminimalisir dampak dari kegiatan Pungli ini dengan cara menghadirkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).


Untuk wilayah hukum Kabupaten Kepulauan Sangihe, Saber Pungli inipun kini telah dibentuk oleh Polres Kepulauan Sangihe bekerja dengan Pemerintah Daerah dan lembaga serta instansi dan institusi yang ada di daerah; Yang dituangkan dalam rapat Koordinasi Teknis Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kabupaten Kepulauan Sangihe; Yang pelaksanaannya ditempatkan di Aula Sanika Satyawada Polres Kepulauan Sangihe. Senin,(10/10/2022)


Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny W. W. Tompunuh, S.IK mengatakan bahwa pembentukan Saber Pungli ini merupakan runutan dari program kerja Polri yang harus diimplementasikan hingga ke jajaran terendah yang ada di setiap daerah.


"Jadi Saber Pungli ini merupakan program Polri yang juga harus dilaksanakan dan dijalankan hingga kepada kita di Polres Kepulauan Sangihe maupun jajaran yang ada di wilayah. Hal ini dipandang penting sebagai upaya meminimalisir dampak terjadi tindakan Pungli yang nantinya dapat merugikan masyarakat dan negara pada umumnya," ungkap Kapolres.


Selaku aparat hukum, Kapolres juga menyampaikan bahwa tidak akan mentolerir tindakan-tindakan nakal seperti Pungli terjadi di daerah atau di wilayah hukum Polres Kepulauan Sangihe.


"Apabila ada hal-hal seperti Pungli ini terjadi disini, siapapun dia, dari lembaga mana, instansi ataupun institusi mana, bila memang kedapatan melakukan praktek Pungli, tolong langsung dilaporkan kepada kami dan akan kami tindak tegas," terang Kapolres


Hadir dalam kegiatan rapat antara lain Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan, Kejari Kepulauan Sangihe Eri Yudianto, Kasdim 1301 Tahuna Mayor Infantri R. Tamalawe, Waka Polres Sangihe KOMPOL Ferry Manoppo, Para Kabag dan Kasat Polres Kepulauan Sangihe, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sangihe, Johanis Pilat, Para Staf dan Undangan. Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 berakhir pada pukul 11.30 wita, dalam keadaan kondusif.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar