Ads

Jumat, 23 September 2022, September 23, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-23T01:55:46Z
Headline newsNusa UtaraSangihe

Sinergitas TNI - Polri Jaga Keutuhan NKRI Di Pulau-pulau Terluar Perbatasan Utara Indonesia

Dandim 1301/Sangihe,Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol dan Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny W.W. Tompunuh, S.IK dalam kunjungan ke pulau-pulau terluar di Perbatasan Utara.



JOURNALTELEGRAF - Menjadi prajurit penjaga gerbang perbatasan bukanlah perkara mudah, sebab dari sana hadir rasa tanggungjawab yang besar dalam menjaga keutuhan ibu pertiwi. Karena itulah dibutuhkan sebuah pemberian diri dan dedikasi yang tinggi dalam hati setiap prajurit.


Masyarakat di gerbang utara perbatasan Indonesia - Philipina; tepatnya yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, patutlah bersyukur dan berbangga sebab kehadiran dan sinergitas dari para prajurit dan anggota TNI - Polri terjalin begitu kuat.


Bahkan rasa tentram dan damai yang terus hadir dan terjaga dengan baik, tidak lepas dari peran para prajurit maupun anggota dari satuan Kodim 1301/Sangihe dan Polres Kepulauan Sangihe yang selalu menunaikan tugasnya dengan penuh amanah.


Sinergitas dari TNI - Polri pun semakin nampak kala kunjungan Forkompinda mendampingi Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe ketika mengunjungi pulau-pulau terluar yang ada di perbatasan antara lain Pulau Marore, Pulau Kawio, Pulau Matutuang, Pulau Kawaluso dan Pulau Lipang.


Beberapa Kegiatan dan Aktivitas Dandim 1301/Sangihe,Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol pada kunjungan di pulau-pulau terluar.


Harmonisasi dari Dandim 1301/Sangihe,Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol dan Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny W.W. Tompunuh, S.IK sangatlah nampak di mata masyarakat saat kunjungan tersebut. Keduanya punya cara tersendiri menyapa masyarakat dan menyambangi anggotanya yang bertugas di pulau - pulau terluar, setiap kali menginjakan kaki di tiap pulau.


Dandim 1301/Sangihe,Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol disela-sela kegiatan kunjungan kerja terpantau melakukan pertemuan dan memberikan arahan terhadap para prajurit TNI yang bertugas di tiap pulau. Sementara Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny W.W. Tompunuh, S.IK juga melakukan hal yang serupa yakni menyambangi anggotanya di tiap pos-pos polisi yang ada. Kapolres bahkan harus bermandikan keringat kala Dirinya menapaki dataran tertinggi di salah satu pulau untuk mengecek langsung kondisi pos polisi dan keberadaan anggotanya yang bertugas di sana.


Terkait kegiatan dari masing-masing, Dandim 1301/Sangihe,Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol kepada JOURNALTELEGRAF mengatakan bahwa untuk arahan langsung yang diberikan ke semua prajurit yang ada di pulau perbatasan yakni tetap menjaga keutuhan NKRI serta mengimplementasikan slogan TNI dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat.


"Arahannya sama, kita memberikan semangat kepada tiap prajurit TNI yang bertugas, tetap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah, menjalin sinergitas sesama aparat keamanan serta tetap menjalin komunikasi dan melayani masyarakat," ungkapnya


Aktivitas Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny W.W. Tompunuh, S.IK pada kunjungan di pulau-pulau terluar.
 


Seirama, Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Denny W.W. Tompunuh, S.IK kepada JOURNALTELEGRAF menuturkan bahwa kehadiran langsung dirinya dalam kunjungan kerja ke pulau-pulau terluar tak lain untuk memberikan support kepada anggotanya yang bertugas di setiap pos yang ada di tiap pulau.


"Arahan dari kita juga sama, tetap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan. Kita pun mengapresiasi dan memberikan support atas dedikasi para teman-teman anggota yang bertugas di pulau. Sekiranya slogan 3 M Polri tetap diwujudkan mulai dari melindungi, mengayomi hingga terus melayani masyarakat," terangnya.


Terpantau dalam kunjungan kerja itu, baik Dandim maupun Kapolres selalu menjadi fokus tatapan dari para siswa-siswi, baik SD, SMP dan SMA yang melakukan penjemputan di setiap pelabuhan. Seakan tersirat dari wajah mereka, ingin tampak gagah berani seperti TNI - Polri yang mereka lihat langsung.


"Kita pe cita-cita jadi polisi, kita tentara, kita juga polisi, kita juga tentara," sahut para anak-anak siswa SD di beberapa pulau, kala disapa dan ditanya tentang cita-cita mereka.


"Kita mo jadi dokter jo," sahut gadis kecil berseragam merah-putih dengan berani, dan sontak membuat para siswa lain langsung diam dan menolehkan pandangan kearah dirinya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar