Ads

Minggu, 25 September 2022, September 25, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-02T04:56:41Z
Sulawesi Tengah

DPRD Morut Tetapkan Anggaran 35 M Untuk Pembangunan Kota Kolonodale


JOURNALTELEGRAF - Menyikapi keluhan masyarakat tentang kondisi ibu kota Kolonodale, tidak tanggung tanggung Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Morowali Utara (Morut) Gelontorkan Anggaran 35Milyar untuk penataan pembangunan tata kota Kolonodale 


Hal itu dituangkan dalam ketetapan hasil rapat Paripurna DPRD Morut, melalui agenda pembahasan Anggaran Belanja Daerah Pokok (RAPBD Pokok) tahun anggaran 2023 yang digelar diruang sidang komisi I, Rabu (21/9/22) 


Terkait pengalokasian anggaran tersebut, Ketua DPR-D Morut, Hj.Megawati Ambo Asa, saat dikonfirmasi diselah agenda Rapat Paripurna menjelaskan, bahwa ini merupakan pengejawantahan dari aspirasi sejumlah stakeholder yang disampaikan dalam momen kopi bersama di Kota Kolonodale beberapa waktu lalu. 


Megawati dalam keterangannya mengakui bahwa memang hal ini merupakan masalah yang cukup serius dan menjadi beban moril bagi Anggota DPRD Morut,  sebagai wakil masyarakat Morut yang selama ini dipikirkan. 


"Alhamdulillah pada tahun ini kita sudah berhasil menetapkan anggaran sebesar 35Milyar rupiah khusus untuk membenahi dan menata pembangunan kota Kolonodale", ungkap Megawati. 


Olehnya itu lanjut Megawati, setelah anggaran sudah ditetapkan, tidak ada lagi alasan bagi Pejabat Dinas terkait dilingkup Pemerintah Kabupaten Morowali Utara untuk tidak membangun kota Kolonodale. 


Pada kesempatan itu juga, Megawati kembali mengingatkan kepada Pejabat instansi terkait, secara khusus Dinas PUPR agar anggaran yang telah disahkan, dapat dikelola sertakan dimanfaatkan sebaik mungkin, dan lebih mengedepankan asas manfaat dalam pengalokasian anggaran sebagaimana mestinya. 


"Semua harus sesuai dengan mekanisme dan perencanaan berdasarkan master plan yang telah dibuat agar nantinya, hasilnya dapat mendatangkan asas manfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu lama, paling tidak dapat dinikmati dalam jangka waktu 10 tahun kedepan", tegasnya. 


Disisi lain, Megawati dibalik harapannya menyatakan, Diusia yang ke 9 tahun Morowali Utara, Kolonodale dapat mengalami perubahan signifikan, demikian pula pertumbuhan perekonomian masyarakat dapat mengalami peningkatan secara universal. 


Megawati lebih jauh menjelaskan, bahwa semua program penataan kota Kolonodale ini, tertumpu pada Dinas PUPR Morut yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 mendatang. 


"Seperti didaerah Pertokoan itu, akan dilakukan pelebaran jalan. Kita melihat, disekitar Pertokoan itu sangat sembraut, trotoar, drainase dan jalannya. Semua target pencapaian pada 2023 mendatang", pungkas Megawati. 


Diakhir penjelasannya, Megawati kembali menghaturkan ungkapan terima kasih atas dukungan, dan support seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Morut, yang senantiasa memberikan support dan masukan demi kemaslahatan dan kemajuan daerah Morut.




Reporter : Artomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar