Ads

Senin, 12 September 2022, September 12, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-12T16:56:28Z
Sulawesi Tengah

Bupati Morut Launching Aplikasi 'SABIT'

 

morut, morowali utara, bupati, delis j hehi, journaltelegraf,
Foto : Bupati Morut, Delis J Hehi (ist)


JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi MARS Buka Kegiatan Launcing Aplikasi "SABIT" di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin, (12/09/2022) 


"SABIT" ini merupakan singkatan dari "Satu Lahir Lima Terbit". Aplikasi ini merupakan sebuah inovasi hasil kolaborasi antara beberapa instansi yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Morowali Utara, Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara, BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan. 


Dalam laporannya, Zaldy selaku Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Morowali Utara menjelaskan bahwa Aplikasi "SABIT" ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat dalam pembuatan berbagai dokumen yang dibutuhkan setelah adanya peristiwa kelahiran. Dokumen tersebut antara lain Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga terbaru, Kartu Indonesia Sehat (KIS) Anak serta Surat Jaminan Pelayanan (SEP). 


Secara teknis keluarga peserta bayi baru lahir mempersiapkan berkas yang di terima dari Rumah Sakit atau Surat Keterangan Lahir untuk di serahkan ke Disdukcapil. Operator dari Disdukcapil ini nantinya akan memverifikasi berkas yang diserahkan untuk selanjutnya dilakukan penerbitan Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga baru. Lalu Operator Disdukcapil akan berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan untuk diterbitkan KIS anak serta Surat Jaminan Pelayanan (SEP). 


Bupati Delis menyambut baik inovasi ini dan berharap nantinya dapat dipraktek dengan baik serta manfaat dari inovasi ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Semua ini tentu saja merupakan salah satu perwujudan dari realisasi visi misi Kabupaten yaitu terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. 


Bupati juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Puskesmas untuk selalu mensosialisasikan serta mengajak masyarakat yang belum memiliki fasilitas kesehatan untuk segera mendaftarkan diri agar mendapat jaminan kesehatan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara. Terlebih saat ini Kabupaten Morowali Utara telah mendapatkan predikat Universal Health Coverage dimana hampir 100% masyarakat Morowali Utara telah mendapatkan fasilitas jaminan kesehatan. 


"Kami sangat mengapresiasi Inovasi dari Disdukcapil dan Dinas Kesehatan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kami berharap sistem lama yang menyulitkan masyarakat sudah berubah menjadi sistem baru yang lebih cepat, mudah serta efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Semoga inovasi ini dapat berjalan dengan lancar serta memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Morowali Utara", ujarnya. 


Nampak hadir mendampingi Bupati yakni Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K. S.Pd, M.Pd, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Ir. Musda Guntur, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Morowali Utara Drs. Benhart Tandi Tialen, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara Alno Berniat, SKM, M.Kes, Direktur RSUD Kolonodale dr. Sherly Pede, Kepala BPJS Kabupaten Morowali Utara Zaldy, serta dihadiri oleh Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Morowali Utara.



Reporter : Artomo lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar