Ads

Senin, 01 Agustus 2022, Agustus 01, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-01T02:43:11Z
POLITIK

Jelang Tahapan Pemilu 2024, KPU Kota Bitung Sosialisasi PKPU 4/2022


Foto : Sosialisasi KPU Kota Bitung jelang tahapan Pemilu 2024 (Licin)




JOURNALTELEGRAF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung mengelar sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 dan Keputusan KPU Nomor 194 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum, Minggu (31/7/2022).



“Sosialisasi ini merupakan kegiatan awal dalam Pemilihan Umum tahun 2024. Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini untuk menyatukan persepsi antar KPU dan Partai Politik,” kata Deslie Sumampouw, Ketua KPU Kota Bitung saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Kota Bitung Manembo nembo.


Foto : sosialisasi KPU Kota Bitung jelang Tahapan Pemilu 2024 (Licin)


Menurutnya, agenda sosialisasi ini juga untuk memberikan informasi kepada seluruh stakeholder, bakal calon Parpol peserta pemilu agar memahami bagaimana proses pendaftaran bakal calon partai politik peserta pemilu hingga verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPU dan kemudian ditetapkan oleh KPU RI.


“Jadi ini penting untuk diketahui bersama. Sehingga tidak salah atau keliru dalam proses pendaftaran dan verifikasi administrasi dan faktual,” jelasnya.



Deslie yang didampingi Komisioner KPU Kota Bitung, Iten Kojongian, Idhli Ramadhiani Fitriah, Syarifudin Hasan dan Yunnoy Rawung menambahkan bahwa  tugas KPU Kota Bitung dalam proses tahapan pendaftaran Parpol meliputi proses verifikasi faktual, sedangkan untuk verifikasi administrasi KPU Kota Bitung dapat melaksanakannya atas perintah KPU-RI berdasarkan temuan di Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik atau SIPOL.


Usai sambutan Ketua KPU Kota Bitung, dilanjutkan dengan sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 serta pengenalan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) oleh Komisioner KPU Kota Bitung secara bergantian terhadap Parpol yang menghadiri sosialisasi tersebut.


Dari pantauan Journaltelegraf.com, kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan partai politik di wilayah Kota Bitung. Tampak hadir, Ketua DPC Partai Demokrat, Leidy Lumatauw, Ketua DPD Partai NasDem, Norry Supit, Ketua DPD Partai Perindo, Steifly Tangka, Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional, Hasan Suga, Ketua DPC PPP, Nurdin Duke, Kepala Sekretariat DPC PDI Perjuangan, Suleman Luawo, dan Sekretaris DPC PKB, Basit Samalam, Sekretaris DPC Partai Gerindra, dan Herry Tobangen.


Hadir juga Ketua Bawaslu Kota Bitung, Deiby Londok.



Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar