Ads

Rabu, 20 Juli 2022, Juli 20, 2022 WIB
Last Updated 2022-07-20T05:34:38Z
Bupati Morowali Utarakabupaten Morowali Utara

Pemkab Morut Pantau Ketat Penggunaan Tenaga Kerja Asing

 



JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi mengatakan bahwa pemerintahannya akan melakukan pantauan ketat terhadap masuknya tenaga kerja asing (TKA) di daerahnya.


"Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi supaya fokus mengurus pendataan TKA. Biar tinggal terus di Jakarta dalam dua minggu ke depan ndak apa-apa, yang penting urusan pendataan TKA ini tuntas," kata Bupati Delis dalam Rapat Paripurna DPRD Morut di Kolonodale, Selasa (19/7/2022 ) siang.


Komentar ini merupakan respons terhadap saran fraksi-fraksi di DPRD dalam rapat-rapat sebelumnya yang membahas pelaksanaan APBD Morut tahun 2021.


Dalam rapat paripurna untuk mendengarkan laporan Badan Anggaran tentang rancangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021 itu, Bupati Morut Delis J. Hehi dan Ketua DPRD Morut menandatangani kesepakatan bersama tentang pelaksanaan APBD Morut 2021.


Delis lebih lanjut mengatakan bahwa oleh karena tuntutan pembangunan, maka daerah ini masih membutuhkan penggunaan TKA.


"Namun demikian, penggunaan TKA ini juga harus memberikan kontribusi dalam penerimaan daerah melalui Izin Menggunakan Tenaga Asing (IMTA)," ujarnya.

Sektor pembangunan yang paling banyak menyerap TKA di Morut adalah pertambangan nikel, khususnya di lingkungan PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI).


Hanya saja sampai saat ini belum ada data otentik mengenai jumlah TKA yang bekerja di daerah ini.


Delis juga merespon pendapat dan saran anggota DPRD mengenai pentingnya penilaian asset-asset pemda secara akurat.


"Kami sudah mengirim lima orang ASN untuk mengikuti kursus penilaian asset, sehingga mulai saat ini kita sudah punya tenaga khusus yang bersertifikat terkait penilaian asset ini," ujarnya.


Bupati Delis menyampaikan terima kasih kepada DPRD atas kerja samanya sehingga program-program pembangunan daerah menuju masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera bisa berjalan lancar.




Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar