Ads


 

Rabu, 20 Juli 2022, Juli 20, 2022 WIB
Last Updated 2022-07-20T05:38:02Z
kabupaten Morowali UtaraKESEHATAN

Lumpuh, Bocah Di Morut Ini Butuh Kursi Roda Dan Vitamin

 



JOURNALTELEGRAF - Sungguh malang nasib bocah kecil ini. Namanya Kalista. Sudah 6 tahun menderita penyakit lumpuh, namun sama sekali tidak pernah tersentuh oleh Pihak Pemerintah atau instansi terkait.


Kalista tinggal di Desa Moleono, Kecamatan Petasia Barat (Petbar) Mororowali Utara (Morut) Propvinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).


Kalista anak bungsu dari 3 bersaudara dari keluarga Yulistan Ise dan Ratna Ndese yang bekerja sebagai petani.


Menurut cerita ibunya Ratna Ndese yang ditemui media ini di Desa Moleno menjelaskan, Kalista lahir didampingi bidan desa setempat dalam keadaan normal.


Sesudah tiga hari Kalista demam mata tinggi dan kejang-kejang.


"Kami langsung bawa untuk dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale dan dirawat dua malam baru dirujuk di Rumah Sakit Anutapura Palu dan Kalista sudah tidak bisa menyusui," cerita Ratna.


Di Palu Kalista berikan obat racikan (obat kejang kejang) dari Apotek.


"Lima hari dirawat di RS Anutapura Palu anak kami sudah bisa menyusui dan kami pulang kampung di Desa Moleono," jelasnya.


Dikampung Kalista sehat. Tubuhnya mulai tumbuh seperti anak pada umumnya.


Kata Ratna, saat berusia 10 bulan kelurga kembali membawa Kalista ke Palu untuk memeriksa mata Kalista yang katanya ada gangguan.


"Diperikasa matanya karena matanya agak terganggu dan menurut dokter mata agar mata Kalista selalu senter senter matanya kalau sudah di kampung nantinya," cerita Ibu.


Gadis kecil Kalista saat ini sudah berumur 6 tahun namun penyakit yang iya derita belum pulih.


"Kakinya sebelah kanan agak bengkok walaupun saraf kaki dan tangannya masih aktif namun tidak bisa berfungsi"kata ratna ibunya," ujarnya.


"Belum lagi gangguan matanya kalau kena sinar mata hari selalu berkedip kedip dan juga ibunya kase barang berwarna macam tidak fokus begitu pula dengan kepalanya tidak bisa disisir," tambah ibu Kalista.


Bukan hanya itu,  Kalista juga mengalami gangguan pencernaan. "Buang air kadang 4 hari kadang 1 minggu baru buang air," katanya.


Ratna juga mengungkapkan bahwa ia terus berusaha untuk kesembuhan putrinya itu.


"Kami bawa juga kasita ke tukang urut agar anak ini bisa sembuh dan berjalan seperti anak anak lain," kata ibu ratna dengan mata berkaca kaca.


Orang tua kalista Ise Ndese berharap agar anaknya mendapat perhatian dan bantuan dari Pemda Morut.


"Kalista butuh kursi roda dan susu yang lebih bergizi serta vitamin," harap orang tua kalista.




Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar