Ads

Kamis, 09 Juni 2022, Juni 09, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-09T03:59:40Z
ADWI 2022kabupaten tolitoliMenparekrafNASIONALPariwisatasandiaga uno

Menparekraf Sandiaga Uno Akan Berkunjung Ke Desa Wisata Malangga Tolitoli

 

Foto : Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.


JOURNALTELEGRAF  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno akan mengunjungi Kawasan wisata Desa Malangga, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli.


Kedatangan Sandiaga dalam rangka ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, dimana Kawasan Wisata Desa Malangga menjadi satu finalis yang masuk 50 besar.


Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli Muhammad Murshalat mengatakan Kedatangan Menteri Parekraf / Baparekraf RI Bapak Sandiaga Salehuddin Uno ke Desa Wisata Malangga merupakan satu dari serangkaian agenda ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) Tahun 2022.


" Dimana dari 3.419 Desa yang ikut dalam kompetisi ini, yang berhasil masuk di 50 besar,  maka akan dikunjungi langsung oleh Beliau (Menparekraf RI) bersama Tim Penilai lainnya , untuk kemudian nantinya akan dipilih lagi Desa Wisata yang mendapatkan Terbaik 1 s.d 5 sesuai kategori," kata Murshalat kepada awak media Journaltelegraf.com, Rabu (08/06/2022.

Foto : Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli Muhammad Murshalat


Lanjutnya lagi, Adapun tentang kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dan Pemerintah Desa setempat. " Apapun kondisinya Desa Wisata Malangga sudah harus siap. karena dengan ditetapkannya Malangga sebagai nominator 50 besar ADWI 2022 maka dianggap telah layak dan siap untuk dikunjungi," jelasnya.


Meskipun begitu, kata dia tentunya ada hal-hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan dalam rangka memaksimalkan pelayanan terhadap kunjungan pak menteri. 


Mulai dari : 

A. Desa Wisata Malangga

1. Peningkatan Tata Kelola Adminsitrasi Desa dan Pengelolan Desa Wisata (POKDARWIS) 

2. Peningkatan Atraksi dan Produk UMKM / IKM kreatif Desa

3. Peningkatan CHSE (Cleanless, Healty, Safety , Environment sustainablity)

4. Perbaikan Prasarana Umum dan Infrastruktur

5. Peningkatan Penataan Keindahan Lingkungan Rumah Masyarakat


B. Dalam Kota Tolitoli

1. Rekayasa Jalur Rombongan Kementrian dari Bandara ke Kediaman Bupati Tolitoli

2. Peningkatan Kebersihan Kota


pihaknya mengaku, belum bisa menilai sejauh mana animo masyarakat secara umum. karena memang, informasi terkait Kedatangan Pak Menteri Parekraf RI ini belum secara merata terpublikasikan.


" Namun, sejak Informasi penetapan 50 Besar Desa wisata Malangga kemarin, kami trus sounding baik melalui event maupun media Sosial, Alhamdulillah respon masyarakat yang mendengar dan mengetahui hal ini sangat baik bahkan ada yang mengatakan ini adalah hal yang sangat membanggakan untuk kabupaten Tolitoli," bebernya.


Ia berharap animo masyarakat yang di harapkan jauh lebih dari sekedar apresiasi.


" kami tentu sangat berharap kita semua khususnya masyarakat tolitoli bisa mempersiapkan kota kita untuk dikunjungi oleh Pak Menteri dan Timnya paling tidak dengan memastikan kebersihan dan keindahan lingkungan rumah kita masing-masing tetap terjaga , menunjukkan kepada mereka bahwa Tolitoli adalah Destinasi Wisata yang Nyaman, aman dan Friendly," tutupnya.











Editor/Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar