Ads

Senin, 13 Juni 2022, Juni 13, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-13T12:37:49Z
Sangihe

Bunga Hutang Dana PEN Berjalan. Tamuntuan Minta OPD Penghasil PAD Fokus Capai Target

Pj. Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan, M.Kes memimpin rapat ke-asistenan dua.



JOURNALTELEGRAF - Persoalan Dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) kembali mencuat dalam rapat bersama ke-asistenan dua yang membidangi pembangunan dan perekonomian. Tamuntuan menyentil kembali soal progres pekerjaan pembangunan yang bersumber dari Dana PEN yang harusnya telah selesai diawal bulan Juni 2022 ini, dikarenakan bunga dari hutang selama sewindu tersebut sudah mulai harus dibayarkan.


Menyikapi kondisi ini, Tamuntuan pun kembali bertanya terkait capaian target PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari dinas-dinas terkait yang menjadi sektor penghasil PAD. Sebab menurutNya, PAD menjadi salah satu sumber dana yang bisa dipakai untuk mengakomodir pembayaran bunga hutang dari Dana PEN tersebut.


Tamuntuan pun sempat fokus mendengar pemaparan dari dinas-dinas terkait, tentang hasil capaian PAD hingga semester pertama ini. Namun sangatlah disayangkan, berdasarkan laporan yang ada; capaian target PAD yang diharapkan sungguh masih jauh dari target, bahkan belum mencapai angka 50 persen. Sehingga untuk hal ini, Tamuntuan menaruh fokus penuh dan berharap agar para pimpinan OPD mampu saling bekerjasama dalam upaya menangani persoalan daerah yakni pembayaran bunga hutang imbas dari pinjaman Dana PEN.


"Yang punya target PAD, mohon fokus bekerja sebab ini adalah kepentingan bersama. Dimana kita telah menerima anggaran PEN sementara itu kita punya kewajiban untuk membayar bunga dan membayar hutang," kata Tamuntuan. Senin,(13/6/2022).


"Bagaimana cara kita membayar hutang sementara pekerjaan fisik dari dana PEN ini belum semuanya selesai dan difungsikan lalu memberi hasil. Jadi fokusnya hanya pada sumber PAD," terangnya lagi.


Namun, untuk lebih memaksimalkan hasil PAD, Tamuntuan berencana untuk membuat sebuah sistem aplikasi yang akan mencacah dan mencatat besaran PAD.


"Satu-dua hari ini Saya akan mengundang tim yang akan membuat satu aplikasi, supaya sumber-sumber PAD bisa tercatat dengan jelas dan transparan," ungkapnya.


Dari upaya ini, Tamuntuan optimis dan berharap penuh kepada para pimpinan OPD penghasil PAD mampu mencapai target.


"Semua sumber PAD yang ditargetkan harus bisa kita capai. Inilah yang kiranya harus menjadi perhatian dari teman-teman perangkat daerah yang memiliki sumber PAD," harapnya.


Memasuki minggu ketiga berjalan, Tamuntuan tampak bekerja cukup cepat dan tenaga ekstra guna mendorong percepatan disegala lini.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar