Ads

Senin, 16 Mei 2022, Mei 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-05-15T21:56:41Z
Minsel

Warga Muslim Tumpaan Baru, Rayakan Tradisi Lebaran Ketupat


(Foto : Ewin ) Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Petra Y. Rembang ketika hendak menyicipi hidangan ketupat didampingi Ketua Panitia acara Iwan Kalipu.

JOURNALTELEGRAF  - Pasca merayakan Idul Fitri 2022 masyarakat muslim Tumpaan Baru di Minahasa Selatan mengelar tradisi lebaran ketupat.


Secara simbolis, acara dibuka langsung oleh ketua badan takmir Masjid Al Musabirin Risman Abdullah dan diawali dengan doa oleh Imam Masjid Al Musabirin Hendra Mariama.


Biasanya dalam tradisi ini, masyarakat muslim Tumpaan baru, bahu membahu dalam menyiapkan berbagai macam hidangan makanan untuk para tamu undangan.


Tak tanggung-tanggung, persiapannya pun mesti rela begadang semalaman, hal itu dilakukan tak lain hanya sekedar untuk bersilaturahmi dengan kerabat.


Warga biasanya sudah berkumpul di pos masing masing setelah sholat duhur dan membawa aneka makanan serta ketupat.


Selain itu, tradisi lebaran ketupat di Tumpaan Baru merupakan bentuk kebersamaan dan rasa syukur bagi umat muslim yang sudah menjalankan puasa ramadhan dan puasa syawal selama enam hari.


Meski tak lama, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Petra Y. Rembang hadir di sela sela acara.


Keduanya terlihat menyicipi makanan yang dihidangkan panitia, sesekali keduanya menyapa warga, tak ingin menyia-nyiakan waktu, banyak dari warga meminta berfoto dengan bupati.


"Minal Aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin," singkat Frangky sembari menyapa warga.


Reporter/Editor : Ewin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar