Ads

Senin, 30 Mei 2022, Mei 30, 2022 WIB
Last Updated 2022-05-30T09:32:19Z
Sangihe

Seminggu Menjabat, Tamuntuan 'Warning' Pejabat Daerah Pemkab Sangihe

PJ. Bupati Sangihe, dr Rinny Tamuntuan. M.Kes


JOURNALTELEGRAF - Seusai dilantik pada 22 Mei lalu dan mulai melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan langsung memberikan 'warning' terhadap para pejabat daerah pada tatap muka perdananya pagi tadi di ruang serbaguna rumah jabatan bupati. Senin,(30/5/2022).


"Karena kita juga dievaluasi dari pimpinan, maka jelas kita juga akan mengevaluasi bawahan yang ada," kata Tamuntuan dalam jumpa pers seusai kegiatan.


Penegasan yang disampaikan oleh Tamuntuan ini sangatlah wajar bila melihat tahun anggaran 2022 yang kini sudah akan memasuki pertengahan tahun.


"Tentunya akan ada sangsi, karena ini sudah akan memasuki enam bulan. Jadi saya akan berikan kesempatan kepada masing-masing perangkat daerah untuk mempresentasikan, sudah sejauh mana progres yang mereka capai," tegas Tamuntuan.


"Dan apa masalah yang mereka temukan, tentunya akan dicarikan solusinya seperti apa. Dan tentunya harus cepat diselesaikan karena ini sudah mau masuk satu semester," tambahnya.


Tamuntuan bahkan menyatakan bahwa perangkat daerah yang tidak mampu akan dilakukan evaluasi kedepannya.


"Dalam evaluasi ini nanti kelihatan hasil presentasi dari masing-masing perangkat daerah. Dan itu tentunya saya buat tiap ke-asistenan. Asisten 1 kan ada mitra-mitra kerja, asisten 2 dan 3 begitu juga. Supaya tidak terlalu banyak dan torang akan fokus satu per satu dari perangkat daerah ini," jelasnya.


Namun terkait evaluasi kerja ini, Tamuntuan pun menegaskan kembali,  bahwa evaluasi yang dilakukan ini tidak sekedar mencari kesalahan, tapi lebih kepada 'reward and punisment'.


"Kita akan lihat. Jadi bukan mencari-cari kesalahan mereka. Tapi kita melihat kinerja mereka. Bila mereka bekerja baik, yah tentu mereka boleh diangkat dan promosikan. Tetap semua dalam aturan main yang jelas. Tinggal melihat hasil evaluasi maka nanti akan ada reward dan punishment. Mana perangkat daerah yang bagus, kita beri reward," terangnya.


Tamuntuan pun mengharapkan dalam 100 hari kerjanya, masing-masing perangkat daerah ada inovasi-inovasi yang dilakukan. 


"Kalo boleh mereka juga berlomba-lomba supaya ada penghargaan. Itu yang kita mau," ujarnya.


Memang tidak bisa dipungkiri, keberhasilan dan kemajuan daerah juga sangat ditentukan dari hasil kinerja para perangkat daerah, terlebih yang menempati sektor-sektor penting dalam menopang 3 bidang utama, ekonomi, sosial dan politik.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar