Ads

Rabu, 20 April 2022, April 20, 2022 WIB
Last Updated 2022-04-19T18:33:59Z
PEMERINTAHAN

Wali Kota Bitung Hadiri Musrenbang Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023



Foto : Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menghadiri Musrenbang Provinsi Sulut (ist)



JOURNALTELEGRAF - Wali Kota Bitung , Maurits Mantiri menghadiri pelaksanaan Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2023, Selasa (19/04/2022)




Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Dirjen Bina Keungan Daerah, Agus Fatoni mengatakan pencapaian pembangunan makro di Provinsi Sulawesi Utar berdasarkan data BPS sampai dengan tahun 2021 menunjukkan pencapaian yang baik dan menggembirakan.




"Pencapaian ini termasuk pertumbuhan ekonomi yang mamph tumbuh 4,16 persen sebelumnya terkontraksi -0,99 persen, tingkat kemiskinan juga mengalami penurunan yang sebelumnya 7,78 persen menjadi 7,36 persen. Berdasarkan APBD tahun 2020 - 2022 provinsi Sulawesi Utara pada 3 tahun terakhir cenderung defisit, tentu ini banyak penyebabnya. Salah satunya akibat oandemu, akan tetapi hal inu harus menjadi perhatian kita semua dalam melakukan pengelolaan sehingga dapat menciptakan keseimbangan dari pendapatan dan belanja sshingga pencapaian kemandirian viskal di Sulut," jelas Fatoni.



 


Lanjutnya, untuk merumuskan pembangunan di daerah, antisipasi tingkat pembangunan menjadi baik yang tidak sapat dilepaskan dalam menciptakan pembangunan yang adaptif dan aplikatif untuk mengatasi berbagai permasalahan perlu memperhatikan beberapa hal.




"Yang harus kita perhatikan adalah menyikapi perubahan peratuean perunsag undangan seperti UU No 1 tahun 2022 tentang hubungan keungan pusat dan daeeah serta SK Mendagri No 050-889. yang kedua perlu dicapai konsistensi antaea dokimen perencanaan pembangunan daerah, ketiga perlu antisipasi proyek perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi di daerah dan nasional maupun dampak politik di luar negeri, keempat perlunya peningkatan sistem pendidikan dan kesehatan sebagai langkah prefentif dalam menghadapi pandemi dan yang kelima optimalisasi penggunaan anggaran daerahbuntuk penggunaan program program yang berkairan langsung dengan masyarakat, lingkungan, infrastruktur, hubungan terhadap penyelenggaraan pilkada tahun 2024," jelasnya.



 



Menurut Agus Fatoni, pemerintah pusat juga telah melaunching geeakan bangga buatan Indonesia yang digagas oleh Presiden RI untuk menggerakkan minat masyarakat dalam mencintai buatan dalam negeri untuk meningkatkan produk yang berasal dari UMKM




"Termasuk mendorong koperasi lokal untuk mesukseskan bangga produk dal negeri ini," pungkasnya.




Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini digelar di Four Point Hotel Manado dan dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, serta bupati walikota se Sulawesi Utara.





Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar