Ads

Rabu, 02 Maret 2022, Maret 02, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-02T04:56:30Z
Kepulauan SangiheSangihe

Ketersediaan Jaringan dan Akses Internet Semakin Tinggi. Diskominfo Sangihe Upayakan Yang Terbaik

#BAKTIKominfo #aksesinternet #jaringaninternet #internetgratis
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ziefried Harikatang, di ruang kerjanya.


JOURNALTELEGRAF - Jaringan internet kini sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi setiap instansi dan institusi, badan maupun lembaga, dalam menunjang aktivitas kerja setiap hari. Sebab saat ini, hampir semua pekerjaan yang dilakukan harus ditopang dengan akses internet. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan itu, melakukan pengadaan sarana prasarana pendukung dalam menunjang ketersediaan jaringan internet adalah sebuah prioritas.


Untuk sarana prasarana pendukung berupa ketersediaan tower atau fasilitas internet gratis di Kabupaten Kepulauan Sangihe, memang masih terbilang kurang. Sehingga hal ini terus diupayakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah (Diskominfoda) Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan melakukan berbagai cara.


Kepala Diskominfoda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ziefried Harikatang menyebutkan bahwa pada tahun ini ada beberapa sarana prasarana pendukung yang akan dibangun untuk menunjang kebutuhan dan ketersediaan akses internet; baik melalui bantuan Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia, ataupun dari pihak swasta.


"Dari BAKTI Kominfo tahun ini, dan sekarang sementara dikerjakan ada pembangunan Tower di Desa Sowaeng, Kecamatan Manganitu Selatan," kata Harikatang. Selasa,(1/3/2022)


"Lalu ada juga usulan untuk pembangunan tower di 10 titik lainnya, yang telah diusulkan pada tahun kemarin. Kita berharap semua bisa cepat terealisasi agar akses internet semakin terpenuhi," ungkapnya.


Sementara untuk penyediaan fasilitas internet gratis bagi sekolah-sekolah dan kantor desa, Kata Harikatang telah diusulkan juga, namun tetap menunggu realisasi yang dilakukan secara bertahap dari pihak kementerian.


"Semua sekolah dan kantor-kantor desa sudah didata dan diusulkan untuk mendapat pengadaan fasilitas internet gratis. Tinggal menunggu eksekusi dari pihak kementerian, yang menyesuaikan dengan skala prioritas. Namun tahun-tahun sebelumnya, sudah ada beberapa sekolah dan kantor desa yang telah menerima fasilitas internet gratis dari BAKTI Kominfo ini," jelasnya.


Sedangkan untuk pembangunan sarana prasarana pendukung jaringan internet dari pihak ketiga atau swasta, Harikatang mengatakan bahwa sudah ada koordinasi yang terjalin.


"Dari pihak swasta yakni Telkomsel sudah ada koordinasi dan kini sudah ada 2 titik yang sementara dikerjakan untuk pembangunan tower yaitu di wilayah Desa Nusa, Kecamatan Nusa Tabukan dan di Desa Tola, Kecamatan Tabukan Utara. Dengan begitu, kita pun berharap masyarakat yang ada di area jangkauan tower ini akan bisa menerima akses internet," pungkasnya.


Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe memang terus mendorong untuk pengadaan akses internet gratis di semua sektoral. Namun, ketersediaan anggaran juga menjadi salah satu pembatas dalam menjalankan upaya itu. Karenanya, bantuan dari pemerintah pusat selalu menjadi harapan terbesar bagi pemerintah dan masyarakat di wilayah perbatasan utara NKRI.



Reporter/Editor : Dendy Abram 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar