Ads

Senin, 14 Maret 2022, Maret 14, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-14T23:06:50Z
Sangihe

Buka FLPD Penyusunan Renja Tahun 2023, Gaghana Minta Program/Kegiatan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

#bapelitbangda #flpd
Suasana Kegiatan FLPD Penyusunan Renja Tahun 2023



JOURNALTELEGRAF - Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana membuka secara resmi Forum Lintas Perangkat Daerah (FLPD) penyusunan rencana kerja (Renja) tahun 2023, yang ditempatkan diruang rapat Papanuhung Tampungang Lawo. Senin,(14/3/22).


Bupati Gaghana dalam sambutannya menyampaikan bahwa FLPD yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah di mana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.


"FLPD yang dilaksanakan ini akan membahas rancangan rencana kerja perangkat daerah dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang tingkat kecamatan sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan renja perangkat daerah," jelasnya.


Dalam kesempatan itu, Bupati Gaghana juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu program kegiatan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 


"Perangkat daerah dituntut untuk cermat dalam alokasi dan penggunaan anggaran agar benar benar dapat dimanfaatkan sesuai dengan prioritas yang tepat menurut kondisi potensi dan kebutuhan masing masing kecamatan atau desa," ucap Gaghana.


"Kiranya kita semua dapat menyikapi permasalahan keterbatasan kemampuan keuangan daerah ini dengan menyusun rencana kerja perangkat daerah yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal efisien dan efektif," tambahnya.


Bupati Gaghana bahkan mengharapkan para kepala perangkat daerah agar punya inovasi dalam menggali dan memanfaatkan segala potensi sumber pembiayaan baik melalui APBN, APBD maupun swasta dan masyarakat.


"Saya juga mengharapkan para camat agar dapat memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan perangkat daerah serta dapat memberikan masukan atau solusi dalam mengatasi persoalan yang ada pada wilayah kacamatanya," Harapnya.


Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sangihe, Melanchton H Wolff, Kaban Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah serta Pimpinan OPD lainnya dan para Camat.



Reporter/Editor : Dendy Abram 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar