Ads

Selasa, 08 Maret 2022, Maret 08, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-08T00:15:38Z
kabupaten buol

Anak Petani Asal Buol Berhasil Lulus S2 Predikat Cumlaude

Foto : Moh. Taufik Abdullah, S.E.,M.E


JOURNALTELEGRAF - Seorang anak berasal dari Kabupaten Buol dengan nama lengkap Moh. Taufik Abdullah, berhasil lulus Pascasarjana Sarjana Ekonomi di Universitas Trisakti usai gelaran yudisium pada Jumat (04/03/2022).


Diketahui Moh. Taufiq Abdullah lulus di Universitas Trisakti dengan predikat nilai pujian (Cumlaude) dalam masa studi 1 (satu) tahun 11 (sebelas) bulan.


Selama menempuh pendidikan di kampus Trisakti hari-harinya dipenuhi dengan segudang aktivitas. Namun beragam kesibukan tidak menyurutkan semangat Taufik Abdullah untuk lulus menyelesaikan Studi Magister Ekonomi.


Putra dari pasangan bapak Kasim A. N. Batalipu dan Ibu Surtini Husni ini, menuturkan "ayah saya memang petani dan pekerja buruh tukang serta ibu saya bekerja sebagai ibu rumah tangga biasa, kehidupan yang sederhana ini menjadikan saya tekun dalam belajar dan membangun. Walaupun orang tua saya hanya orang biasa tetapi mereka sangat mengedepankan pendidikan anak-anaknya," tutur Taufik saat di konfirmasi melalui telepon senin (07/03/2022).


Di usianya yang tergolong masih muda, pria kelahiran Buol Sulawesi Tengah ini, telah lulus dengan predikat cumlaude dengan nilai IPK 3,93 dari sekitar 150 lebih yang ter yudisium. 


Berasal dari daerah Kabupaten Buol Sulawesi Tengah atau bisa dibilang timur Indonesia, membuatnya memiliki daya juang yang tinggi terlebih untuk kabupaten Buol yang lebih baik.


" perjuangan ini tidak selesai sampai disini, esok atau lusa saya akan balik ke daerah saya (Buol), dengan 10 konsep pembangunan ekonomi yang telah saya siapkan untuk daerah saya (Buol), sehingga kedepan 10 konsep pembangunan ini bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan dimuat dalam satu agenda kebijakan publik," Bebernya.


Taufik Abdullah berhasil menyelesaikan kuliah dalam tempo satu tahun sebelas bulan, bahkan dalam prodi ilmu ekonomi angkatan 2020, ia menjadi satu-satunya putra daerah yang memiliki gelar magister ekonomi (ME) di Kabupaten Buol. termasuk cepat untuk ukuran orang seperti dia yang selalu disibukkan dengan aktifitas organisasi. 


"Perjuangan untuk kuliah S2 ke Universitas Trisakti Jakarta bisa dibilang tidaklah mudah. Saat itu saya, yang beraktivitas sebagai tenaga kontrak (Pendamping Ekonomi Koperasi dan UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah) serta aktif sebagai tenaga pengajar pada kampus STIE KBM Buol; tidak pernah membayangkan bisa kuliah di universitas termahal dan ternama di Indonesia, sementara orang tua saya hanyalah orang biasa. Alhamdulillah berkat doa yang selalu saya haturkan. Alhamdulillah Allah SWT memberikan saya kesempatan untuk melanjutkan studi pascasarjana dengan beasiswa," jelasnya.


Taufik Abdullah lebih cepat lulus dibanding teman senangkatannya, ini di akuinya karena ia tekun dan memprioritaskan studi kuliahnya, terbukti semester pertama ia mendapatkan predikat nilai IPK 4.00. Adapun dalam masa sidang tesis tanggal 25/03/2022 kemarin ia mendapatkan predikat nilai A dengan judul tesis yaitu: Analisis Efektivitas dan Hambatan Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan (P3K) dalam mengurangi angka kemiskinan perspektif kebijakan, keadilan ekonomi dan kesejahteraan. 


Lebih lanjut Taufik Abdullah Mengucapkan, bahwa ia  sepenuhnya akan mewakafkan dirinya untuk membawa daerah Buol ini lebih maju dalam berbagai sektor ekonomi jika dibutuhkan.


"bahwa pendidikan adalah jalan terpenting untuk merubah tatan negeri ini dengan baik," tutupnya.




Reporter : Supardi

Editor : Legitha Aswardy

1 komentar: