Ads

Selasa, 01 Februari 2022, Februari 01, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-01T06:33:56Z
Sangihe

Tulude Terakhir Bupati Jabes Ezar Gaghana Bersama Rakyat. Memukau dan Menggugah Hati

#pestarakyat #sangihe #bupatikepulauansangihe
Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE. ME Bersama Istri Tercinta Ibu Ririswati Gaghana-Katamsi.



JOURNALTELEGRAF - Pelaksanaan Upacara Adat Tulude ditahun ini memang merupakan moment terakhir bagi Jabes Ezar Gaghana (JEG) menjabat sebagai Bupati Kepulauan Sangihe. Namun nyatanya, pelaksanaan Tulude kali ini sungguh memukau dan menggugah hati, dimana Bupati JEG menerima penghargaan terbaik dari Rakyat Sangihe.


Memukau, tentu saja!! Semua rangkaian acara yang diikuti oleh Bupati JEG berlangsung dengan baik dan lancar; mulai dari Ziarah Makam sehari sebelumnya, Upacara Bendera, kemudian mengikuti Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, hingga malamnya moment akbar pelaksanaan Upacara Adat Tulude dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ke - 597 tahun.


Tampak Papanuhung Tampungang Lawo begitu memukau dan mempesona. Dekorasinya menampilkan nuansa adat dan budaya serta kearifan lokal masyarakat Sangihe. Penggunaan bahan dekorasinya dari hasil kekayaan alam Sangihe, yang dibuat sedemikian rupa hingga tampil begitu elok dan unik. Bahkan tak sedikit masyarakat yang hadir, ikut mengabadikan moment indah ini.


Menggugah hati, benar sekali!! Saking antusiasnya masyarakat hadir pada pelaksanaan Tulude ditahun ini, mereka pun rela antri di pintu-pintu masuk ke lokasi acara yang memang menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti menggunakan masker dan wajib membawa kartu vaksin atau melakukan scanning barcode 'peduli lindungi'.

Beberapa orang yang mungkin tidak memenuhi persyaratan untuk dapat masuk ke lokasi acara dan bersua dengan Bupati Jabes Ezar Gaghana, sempat menuturkan kekesalannya.


"Boleh maso jo kwa, ini Tulude terakhir torang dengan Pak Bupati Gaghana, baku mangarti dulu kasiang," gumam seorang Ibu dengan nada tinggi lalu merendah, karena takut didengar petugas jaga.


Bahkan terpantau beberapa pemuda-remaja masuk secara diam-diam dengan melompati pagar, saking inginnya mengikuti pesta rakyat tersebut.


Upacara Adat Tulude semalam menjadi bukti nyata akan besarnya rasa cinta rakyat kepada pemimpinnya. Rakyat Sangihe telah memberikan hadiah terindah bagi seorang Jabes Ezar Gaghana. Mereka rela datang berbondong-bondong untuk dapat hadir bersama pada perayaan Tulude; Dan menikmati indahnya Pesta Rakyat malam itu dengan pemimpin yang mereka hormati dan cintai.


Moment perayaan Tulude tahun ini patutlah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang Jabes Ezar Gaghana menjelang akhir masa periode kepemimpinannya sebagai Bupati Kepulauan Sangihe pada bulan Mei 2022 nanti. Dimana Rakyat Sangihe telah menunjukan rasa cinta dan rasa ingin memiliki terhadap seorang Jabes Ezar Gaghana dan tanah tercinta, Tampungang Lawo.


Perayaan Adat Tulude yang sedianya ialah sebuah Pesta Rakyat, memang telah menemukan jalannya kembali. Tulude semalam menyajikan semua sunguhan yang ada, diberikan kepada rakyat. Masyarakat dapat menyaksikan seluruh rangkaian prosesi adat yang ditampilkan.


"Pada kesempatan yang berbahagia ini, Kita berharap kiranya Tuhan yang maha kuasa akan tetap memberkati perjuangan kita semua dalam membangun Ta-Hanusang Sangihe yang maju, sejahtera dan mandiri," ungkap Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE. ME. Senin,(31/1/2022).



Reporter/Editor : Dendy Abram

1 komentar:

  1. Play with Lucky Club - LuckyClub Live
    Lucky Club. 18+. In. Play Now. Play with luckyclub friends or play online now! Free Spins. 100x Bonus. Minimum Deposit: €20. Free Spins.

    BalasHapus