Ads

Rabu, 05 Januari 2022, Januari 05, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-05T13:51:28Z

Sidak di Dinas Kesehatan, Bupati Morut Temukan ini



Foto ( istimewa) Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi saat melakukan inspeksi mendadak.




JOURNALTEGRAF- Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Kesehatan Daerah Morut.


Dalam sidak, ditukan 3 bangunan Puskesmas yang telantar karena tidak selesai dikerjakan.

Meski ke tiga Puskesmas itu dikerjakan pada tahun anggaran 2020. Namun karena lemahnya perencanaan, biaya bangunan tidak mencukupi sehingga tidak tuntas dikerjakan.


"Kita harus berani mengalihkan anggaran untuk kepentingan yang lebih mendesak," kata Delis.

Meski begitu, Delis meminta agar masalah ini segera dicarikan solusinya, nenurutnya, agar bangunannya tidak bertambah rusak.


Bahkan, ia pun minta agar bangunan Puskesmas yang telantar bisa dihitung kembali biayanya agar bisa dicarikan solusi.


Selain bangunan Puskesmas, Delis juga menyoroti Rumah Sakit Pratama di Baturube, Kecamatan Bungku Utara, yang belum dimanfaatkan hingga saat ini.

"Saya minta agar Plt Kadis Kesehatan Morut Paltarim Balirante M.Kes dan Sekretaris Adipurwanto Pribadi, M.Kes yang juga hadir saat itu segera menghitung kebutuhan pegawai, dokter, sarana dan prasarana, serta kebutuhan lainnya," kata Delis.


Bupati mengungkapkan selain tiga Puskesmas dan RS Pratama, masih ada beberapa Puskesmas yang juga bermasalah sehingga belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Tak hanya itu, Delis juga meminta agar, obat-obatan dan sarana prasarana kesehatan lainnya yang masih berada di kabupaten agar segera didistribusikan ke Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu).

"Mulai saat ini tidak usah kita melihat ke belakang. Mari kita bersama-sama meningkatkan pelayanan sesuai tugas dan tanggung jawab kita masing-masing," ujar Delis.

Dalam pertemuan dadakan itu, Delis mengingatkan bahwa Dinas Kesehatan merupakan ujung tombak kesuksesan visi misi Morut Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS).

"Tidak mungkin orang cerdas kalau sakit-sakitan, juga tidak akan sejahtera kalau tidak sehat. Jadi dinas ini sangat penting dalam pencapaian visi misi SCS ini," tegasnya.




Reporter: Arthomo Lagaronda
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar